DPRD Bombana Segera Panggil PT PLM – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

DPRD Bombana Segera Panggil PT PLM

KOLAKA POS, BOMBANA – Masalah belum dibayarnya uang pesangon eks karyawan PT Panca Logam Makmur (PLM) Bombana yang di PHK mendapat perhatian serius dari DPRD Bombana. Rencananya, anggota DPRD akan memanggil PT. PLM Bombana untuk memperjelas masalah pembayaran uang pesangon eks karyawan.
Anggota DPRD Bombana, Heryanto mengatakan, dalam UU Ketenagakerjaan sudah jelas bahwa setiap perusahan ketika melakukan PHK, tentu harus melaksanakan tanggung jawabnya dengan memberikan pesangon bagi setiap karyawan. Namun yang terjadi saat ini PT. PLM belum memberikan uang pesangon tersebut.
“Sampai saat ini saya belum mengetahui apa alasan perusahan belum memberikan pesangon bagi karyawan yang di PHK. Yang saya ketahui karyawan perusahan yang terkena PHK tahap pertama itu sebanyak 97 orang, tahap II sebanyak 50 orang, namun sampai saat ini mereka (karyawan, red) belum juga menerima pesangon dari pihak PT PLM,” ungkapnya kepada Kolaka Pos.

Selain itu, tindakan yang dilakukan perusahaan tersebut sudah menyalahi Undang-Undang. Sebab, sudah jelas bahwa dalam UU Pertambangan bahwa dalam hal ini perusahan harus melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat sekitar perusahan.

“Sudah jelas dalam UU Pertambangan bahwa dalam hal ini perusahan harus melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat sekitar perusahan. Namun fakta yang terjadi aturan tersebut tidak sepenuhnya dijalankan oleh pihak perusahan,sebab tenaga kerja yang berasal dari warga desa sekitar perusahan tidak termanfaatkan sesuai yang diatur dalam UU Pertambangan,” tegasnya.
Melihat permasalahan tersebut, lanjut Heryanto, sudah menjadi tupoksi DPRD sebagai lembaga aspirasi dalam mengakomodir keluhan karyawan agar masalah tersebut secepatnya mendapatkan solusi, akan memanggil PT. PLM. “Tentu untuk itu, saya bersama dengan teman-teman di DPRD akan menggelar rapat badan musyawarah untuk mengagendakan pemanggilan terhadap, PT PLM tujuannya agar mendengarkan pendapatnya terkait permasalahan ini. Kemungkinan kegiatan tersebut akan dilakukan di Juli ini,” tegas (K6)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top