Tambang di Konsel Segera Ditertibkan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Tambang di Konsel Segera Ditertibkan

KOLAKA POS, ANDOOLO – Meminimalisir terjadinya penambangan liar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) akan segera melakukan penertiban. Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, Pemkab sudah melakukan rapat koordinasi terkait tambang-tambang yang ada di Konsel. Pasalnya ada dua tambang yang izinnya akan segera berakhir yakni Triple eight dan Integra.

Dua tambang tersebut yang sedang diusulkan ke Departemen Perhubungan bahwa bila sudah tidak ada lagi aktifitas tambang berarti perusahaan tersebut harus tutup. Selain itu, tidak lagi disewa tapi harus dikembalikan ke Pemkab atau kepada Negara.

“Kita minta perusahaan tersebut kalau masih beroperasi itu kita alihkan ke Perusahaan Daerah (Perusda), kalau memang sudah tidak bisa yah kita tutup,” jelasnya.

Selain itu, rapat yang dilakukan adalah membahas penertiban penambang batu di Moramo. Pasalnya, penambang batudi Moramo semakin marak sehingga Pemerintah mulai khawatir. “Untuk itu kita sudah bicarakan agar diwilayah itu jangan menjadi liar, dan diharapkan terkoordinasi bagus. Seperti pelabuhan Lapuko itu merupakan pelabuhan umum, sementara ini dikelola oleh Tonasa. Jadi kita tetap fasilitasi perusahaan tetapi mereka juga jangan semau-maunya, menjadi liar dan sebagainya, sehingga ini akan kita tertibkan,” ungkapnya. (k5)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top