Rutan Kolaka Perketat Pengawasan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Rutan Kolaka Perketat Pengawasan

rutan kolakaKOLAKA POS, KOLAKA – Penyelundupan narkoba yang diduga jenis sabu, ke dalam Rumah Tahanan (Rutan)Kelas II B Kolaka, pada Jumat (8/7) pekan lalu, membuat Rutan kelas II B Kolaka meningkatkan pengawasan, ditengah minimnya fasilitas alat deteksi obat terlarang, serta jumlah personel yang terbatas.

Kepala Rutan Kelas II B Kolaka Herry Muhammad Ramdan mengatakan, penggagalan penyelundupan barang haram, yang coba dimasukkan ke dalam Rutan membuat dirinya terus meningkatkan pengamanan. “Saya buat instruksi kepada regu pengamanan, utamanya komandan jaga, jadi mngantisipasi masuknya barang terlarang, baik narkoba maupun pil daftar G, agar memperketat penggeledahan barang dan badan untuk lebih teliti dan cermat,” ungkapnya.

Sebelumnya kata dia, pihaknya menggagalkan penyelundupan obat jenis pill Somadril ke dalam Rutan, pada H-2 lebaran Idul Fitri yang disembunyikan dalam tumpukan nasi. “H + 2 lebaran Idul Fitri tepatnya Jumat (8/7), juga kami gagalkan narkotika yang diduga shabu,” ujarnya.

Kedua barang haram yang diselundupkan melalui makanan oleh orang tak dikenal, dititipkan kepada petugas jaga lapas untuk warga binaan berinisial KH. “Namanya barang titipan tetap kita geledah, waktu digeledah ternyata ada barang bukti yang diduga sabu yang diselipkan pada potongan daging ayam goreng,” terangnya.

Dirinya mewanti-wanti kepada anggotanya, apabila ada yang terlibat akan mendapat sanksi tegas berupa pemecatan. ”Yang namanya tugas di Lp memang sudah sering terjadi petugas yang bermain, seperti di Jawa, Lp Bance dan Cipinang, memang petugas yang terlibat sampai sanksi berat berupa pemecatan. Kalau di sini bisa saja seperti itu, namanya kemungkinan ya bisa saja terjadi, kalau misalnya ada petugas saya yang berani coba bermain, ya aturannya jelas, pak menteri Hukum dan HAM tegas, kalau memang ada petugas yang bermain ya langsung pecat, yang pecat bukan saya tapi aturan,” tandasnya. (cr1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top