Ratusan Meter Drainase Dibangun di Unamendaa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Ratusan Meter Drainase Dibangun di Unamendaa

Kepala Desa Unamendaa, Sabtiar Gadjang saat memonitoring pembangunan drainase di wilayahnya.

Kepala Desa Unamendaa, Sabtiar Gadjang saat memonitoring pembangunan drainase di wilayahnya.

KOLAKA POS, KOLAKA – Akibat fungsi saluran air yang selama ini tidak maksimal membuat sejumlah rumah warga di Desa Unamendaa Kecamatan Wundulako menjadi langganan genangan air. Hal ini terjadi lantaran bangunan drainase yang ada di desa itu tidak lagi mampu menampung besarnya volume air yang terjadi saat musim hujan. Kondisi seperti ini pun menjadi salah satu masalah yang dirasakan oleh warga selama ini. Dengan masalah tersebut, Pemerintah Desa Unamendaa kemudian berinisiatif dalam membangun saluran drainase di wilayahnya agar masalah genangan air yang selama ini menjadi langganan di desa tersebut dapat teratasi.
“Tahun ini kami memprogramkan pembangunan drainase sepanjang 488,5 meter yang terletak di dusun 4, sementara untuk di dusun 1, kami kerjakan sepanjang 170 meter dari target 250 meter dimana 80 meter selebihnya kami buatkan saluran pembuanhan air. Sebab saluran tersebut juga harus diperbaiki agar aliran air yang selama ini kurang lancar dapat berfungsi maksimal,”kata Kepala Desa Unamendaa, Sabtiar Gadjang kepada Kolaka Pos.
Selain genangan air, kerusakan yang diakibatkan kurang maksimalnya fungsi drainase di wilayahnya juga dapat memicu kerusakan badan jalan, sebab jika genangan air tersebut terus menerus terjadi maka dapat menggerus tepi jalan yang sudah diaspal selama ini.
“Beruntung tahun ini melalui dana desa yang dikucurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur desa telah digunakan dalam membangun beberapa item pembangunan yang dianggap prioritas selama ini. Selain dana tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka juga memberikan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang sangat membantu peningkatan pembangunan dan pelayanan pemerintahan di setiap desa di Kabupaten Kolaka,”kata Sabtiar Gadjang.
Dengan alokasi anggaran yang cukup besar tersebut tambah Sabtiar, maka tidak ada lagi alasan bagi pemerintah desa untuk tidak melakukan pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakatnya. (cr3/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top