Pertumbuhan Ekonomi Muna Meningkat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Pertumbuhan Ekonomi Muna Meningkat

Suasana Sidang Paripurna terkait HUT Muna ke-57 di Ruang Sidang DPRD Muna.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

Suasana Sidang Paripurna terkait HUT Muna ke-57 di Ruang Sidang DPRD Muna.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS, RAHA – Di usianya yang ke-57 tahun, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Muna meningkat signifikan, Hal tersebut diungkapkan Pejabat Bupati (Pj) Muna Muhammad Zayat Kaimuddin saat perayaan HUT Muna ke-57 dalam rapat Paripurna bersama anggota DPRD.

Menurutnya, angka IPM Muna sebesar 67,03 persen di tahun 2010 dan merangkak naik menjadi 68,97 persen pada tahun 2013. Peningkatan signifikan lainnya dapat dilihat pada APBD Muna yakni dari Rp 574 miliar pada 2010 meningkat menjadi Rp 1,161 triliun. Angka tersebut terus bertahan hingga tahun 2015.

Selain itu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Muna juga mengalami pertumbuhan dari Rp 14 miliar naik hingga Rp48,99 miliar. Jumlah tersebut melampui nilai target PAD Muna sebesar 47,221 milyar. “Opini BPK, Kabupaten Muna masih WDP. Insya Allah dengan berbagai upaya perbaikan dan tata kelola keuangan yang telah kita lakukan akan meningkat menjadi Wajar Tanpa Pengecualian,” katanya

Lanjut Calon Wali Kota Kendari itu, berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Pembangunan Daerah tertinggal RI, menyebutkan tingkat perkembangan pembangunan Muna lebih cepat dibanding beberapa kabupaten tertinggal lainnya di Indonesia. Olehnya itu Muna berhasil keluar dari predikat Kabupaten tertinggal setelah Kementrian mencabut status tersebut.

Prestasi lainnya yang diukir Kabupaten Muna lanjut Derik, yakni terjadi pada 2012. Di tahun tersebut, Kabupaten Muna meraih peringkat pertama dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah tingkat kabupaten dan kota se-Sultra. Hal itu berdasarkan hasil Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) oleh Kemendagri, Pemprov Inspektorat provinsi dan BPKP Perwakilan Sultra.

“Begitu pula tahun selanjutnya masih mendapat penilaian skor tinggi terhadap evaluasi penyelenggaraan pemerintahan. Padahal tahun sebelumnya mendapat peringkat atau skor rendah,” terangnya.
Ia memaparkan, keberhasilan pembangunan dan perbaikan manajemen serta penyelenggaraan pemerintahan yang terus dicapai tersebut. Meski demikian, ada beberapa permasalahan dalam masyarakat yang masih tampak terlihat. Diantaranya tuntutan kebutuhan prioritas masyarakat yang sifatnya penting serta mendesak. Permasalahan tersebut menurutnya belum dapat dipenuhi karena berbagai kendala dan keterbatasan sumber daya yang dimiliki daerah.

Meski berbagai kegiatan yang dilaksanakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tersebut, namun upaya itu belum sepenuhnya berjalan optimal dan dimanfaatkan. Jadi, permasalahan tersebut menjadi tugas yang harus dilanjutkan dan dilaksanakan secara paripurna oleh pemerintah daerah demi kesejahteraan masyarakat Muna.

Olehnya itu sebagai Pj Bupati Muna Derik berharap dalam peringatan HUT Kabupaten Muna yang ke-57, pemerintah dan seluruh masyarakat dapat terus bergandeng tangan dalam membantu meningkatkan pembangunan Muna yang lebih baik. Agar tercipta keberagaman harmoni yang beriman, sehat, cerdas, aman, berbudaya dan sejahtera.

Tidak hanya itu, dalam menghadapi putusan MK, Derik menghimbau agar masyarakat dapat menegakkan persatuan dan kesatuan serta menjaga stabilitas keamanan yang konduktif guna menyukseskan agenda demokrasi politik di Kabupaten Muna.

“Kita baru saja melalui rangkaian pemilihan Bupati yang melelahkan. Saya berharap semoga tidak ada lagi pemungutan ulang selanjutnya dan sesegera mungkin dilantik Bupati yang definitive agar roda pemerintahan kembali berjalan normal. Serta masyarakat dapat menghindarkan diri dari tindakan atau isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Penyebaran fitnah dan gesekan antar kelompok masyarakat serta adudomba yang bernuansa politis maupun ketersinggungannya dengan SARA. Karena ini akan memecah belah dan memicu pertikaian hingga perbuatan anarkis dan mengancam disintegrasi bangsa,” tandasnya (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top