Pemenuhan Kebutuhan Listrik ke Desa Mulai Dilakukan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Pemenuhan Kebutuhan Listrik ke Desa Mulai Dilakukan

 Lampu penerangan jalan yang terpasang disepanjang ruas jalan Desa Lamedai.

Lampu penerangan jalan yang terpasang disepanjang ruas jalan Desa Lamedai.

KOLAKA POS, KOLAKA – Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka tentang pemenuhan Kebutuhan Listrik Sampai ke Pedesaan saat ini tengah berjalan. Sebagai bukti, di Desa Lamedai Kecamatan Tanggetada, keluhan warga tentang minimnya suplay tenaga listrik di desa itu telah teratasi. Salah satu upaya yang tengah dilakukan oleh Pemerintah desa itu dengan cara melakukan koordinasi kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) di wilayah itu untuk mengoptimalkan tenaga listrik ke rumah warga.

Kepala Desa Lamedai, Ali Mustafa yang ditemui mengatakan bahwa salah satu keluhan warga di desanya adalah kurang optimalnya tegangan listrik ke rumah warga. Akibatnya penerangan lampu serta fasilitas elektronik yang dimiliki warga tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Bahkan kata dia, sejumlah elektronik yang dimiliki oleh warga rusak lantaran tegangan listrik yang tidak stabil.

“Ada ratusan kepala keluarga yang berdomisili di dusun 2 ini yang selama ini tidak menikmati listrik dengan baik, lantaran tegangan yang disuplay oleh PLN tidak mencukupi kebutuhan penggunaan warga. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami melakukan koordinasi dengan pihak PLN agar tegangan listrik yang ada di desa kami khususnya yang ada di Dusun 2 bisa dimanfaatkan dengan baik. Beruntung PLN merespon keinginan tersebut dengan memperbaiki sistim jaringan dan travo mereka sehingga masalah rendahnya tegangan listrik yang selama ini di keluhkan warga dapat teratasi,”terang Ali Mustafa.

Sebenarnya kata Kades Lamedai yang baru dilantik ini, perhatian pemerintah untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan bagi warga, mutlak dilaksanakan. Sebab hal tersebut merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Kolaka dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin. Jadi kata dia bagaimanapun program tersebut juga harus disukseskan oleh Pemimpin di tingkat desa sebab Kepala Desa itu merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten.

“Selain di dusun 2 itu, pemenuhan kebutuhan listrik di Desa Lamedai ini juga tengah kami jalankan program penerangan jalan dengan membuat pemasangan lampu jalan di sepanjang ruas jalan utama di desa ini. Program ini kami lakukan dengan cara bersinergis dengan warga untuk menggunakan daya listrik dirumah mereka untuk lampu penerangan jalan. Wal hasil jalan poros yang dulunya gelap gulita, kini sudah terang dengan terpasangnya lampu penerangan jalan saat ini,”ujarnya. (cr3/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top