Golkar Dinilai Tak Transparan Soal Penjaringan Pilwali – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Golkar Dinilai Tak Transparan Soal Penjaringan Pilwali

pengamat Politik Sultra Eka Suaip

pengamat Politik Sultra Eka Suaip

KOLAKA POS, KENDARI – Partai Golongan Karya (Golkar) dinilai tidak transparan dalam penjaringan kandidat Calon Walikota Kendari. Pasalnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mengusulkan Adriatma Dwi Putra (ADP) ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar untuk diusung sebagai salah satu kandidat Calon Walikota Kendari tanpa melaui proses penjaringan, mendapatkan kecaman.

Menurut, Pengamat Politik Sultra Eka Suaib, tindakan tersebut menunjukan ketidak transparan Partai Golkar dalam melakukan penjaringan Bakal Calon Walikota. Sebab orang yang tidak mengikuti proses penjaringan diusulkan. “Kata kuncinya bahwa mekanisme itu harus dibuat transparan. Mekanisme akuntabilitas bukan dilakukan hanya oleh elit-elit partai saja tetapi harus diketahui orang banyak,” sebutnya.

Sekalipun kata dosen Ilmu Pokitik itu, DPD partai Golkar memiliki hak untuk menunjuk siapa yang yang akan diusulkan ke DPP tetapi, juga harus menunjukan proses demokrasi yang baik pada masyarakat.

“Saya kira itu adalah kejelasan mekanisme saja dan saya kira partai punya hak untuk itu, tapi saya kira kalau tidak ada Transparasi, mekanisme, akuntabilitas itu juga menjadi pertanyaan besar sebenarnya. ” katanya.

Pertanyaan besar besar yang dimaksud, kemungkinan adanya politik praktis yang dilakukan oleh para elit-elit Partai golkar dengan ADP. “Dari awal seharusnya jangan ada memotong ditengah jalan, itu berarti ada obligasi partai. obligasi partai itu dilakukan oleh para elit-elit partai saja, sehingga bisa diduga ada kepentingan-kepentingan maka ketika dia terpilih dia akan distir oleh para elit politik itu dan tidak mengabdi kepada orang banyak,” pungkasnya. (k1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top