BPPKB Canangkan Lakara Sebagai Kampung KB – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

BPPKB Canangkan Lakara Sebagai Kampung KB

Bupati Konsel Surunuddin Dangga

Bupati Konsel Surunuddin Dangga

KOLAKA POS, ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) mencanangkan Desa Lakara Pantai Kecamatan Palangga Selatan, sebagai percontohan Kampung KB.

Kepala BPPKB Konsel Najib menjelaskan, kriteria penunjukan langsung kampung KB yang pertama itu daerah pinggiran pantai, daerah miskin, terisolir dan daerah yang per KB masih kurang. Sehingga pemerintah mencanangkan kampung KB disetiap Kabupaten, sehingga untuk Konsel Bupati dan Wakil Bupati akan mencanangkan pada 21 Juli 2016. Di desa Lakara.

Penunjukan Desa Lakara sebagai kampung KB, dikarenakan dari 336 Desa yang ada di Konsel hanya Desa Lakara yang memenuhi semua kriteria. Kemudian masyarakatnya tidak terpencar-pencar atau menyatu, dibandingkan Desa lain rata-rata masyarakatnya saling berjauhan.

“Sementara Desa Lakara masyarakatnya berkumpul satu tempat, sehingga syarat yang ada hanya Lakara yang memenuhi kriteria itu,” katanya.

Adapun tujuan kampung KB ini, lanjut dia semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan. Kemudian laju pertumbuhan penduduk bisa dikendalikan, jadi Lakara ini semacam pilot project daerah percontohan untuk desa lain.

“Harapan pemerintah dan masyrakat kegiatan ini harus kita sukseskan, ini kaitannya dengan program Jokowi nawacita membangun dari pinggiran,”paparnya.

Najib menambahkan untuk penduduk Lakara totalnya sebanyak 825 jiwa, untuk KK nya sekitar 225. Angka kemiskinan melihat dari jumlah penduduk dan kehidupan masyarakat disana memang masih banyak yang kurang mampu, apalagi disana pencahariannya semata-mata hanya nelayan.

“Untuk target pencapaiannya kita mengikuti program nasioanal, yang dari pusat sampai Kabupaten dimana tujuannya semata-mata untuk mensejahterakan masyarakat melalui penekanan laju pertumbuhan penduduk,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengungkapakan pihaknya merespon positif terkait kampung KB ini, hal itu merupakan sesuatu yang baik kemudian ini juga sinergi dengan program kita. Sehingga kita sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Kampung KB ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat, dengan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang berkeluarga yang baik sesuai tujuan KB dua anak cukup,” jelasnya. (k5)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top