Ratusan Meter Drainase Dibangun di Desa Lamedai – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Ratusan Meter Drainase Dibangun di Desa Lamedai

Kepala Des Lamedai, Ali Mustafa saat meninjau pembangunan drainase di desanya.

Kepala Des Lamedai, Ali Mustafa saat meninjau pembangunan drainase di desanya.

KOLAKA POS, KOLAKA – Buruknya akses jalan yang tidak ditunjang dengan bangunan drainase yang memadai membuat Pemerintah di desa Lamedai mengambil langkah perubahan disektor ini. Pasalnya sejak jalan yang terletak di dusun 2 di desa tersebut dibangun dapat dipastikan masyarakat yang sudah tahunan bermukim di tempat tersebut sangat kesulitan dengan akses jalan yang mereka lalui setiap hari.

“Yang jelas sejak jalan ini dibangun, ketika musim hujan kami sangat kesulitan melaluinya karena antara jalan dan saluran air sudah menyatu. Akibatnya hampir seluruh badan jalan dipenuhi kubangan lumpur dan genangan air,”kata Daniel warga dusun 2 Lamedai Kecamatan Tanggetada.

Beruntung kata Daniel, saat inu Pemerintah Desa Lamedai telah membangun saluran drainase, sehingga meski musim hujan seperti saat ini jalan di desanya itu sudah dapat dilalui tanpa genangan air lagi.

Kepala Desa Lamedai Kecamatan Tanggetada, Ali Mustafa yang ditemui menilai bahwa pembangunan yang saat ini digenjot oleh pemerintah desa merupakan sebuah keharusan bagi seorang pemimpin yang ada di setiap wilayah. Sebab kata dia, sebagai seorang pemegang amanah dari masyarakat untuk memimpin di Desa Lamedai, tidak ada alasan lagi untuk membiarkan kerusakan di daerah tersebut tanpa pembangunan. Apalagi melalui kucuran anggaran dana desa yang bersumber dari Kementerian Desa dan alokasi dana desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Kolaka tahun ini yang jumlahnya mencapai 1,3 milyar rupiah, maka seluruh wilayah desa yang prioritas dibangun akan terpenuhi.

“Untuk drainase di dusun 2 ini kami telah menyelesaikan pengerjaannya sepanjang 375 meter dari target 325 meter sesuai dengan Rencana Anggaran Pembangunan dan Belanja Desa (Rapbdes). Jadi ada kelebihan yang merupakan swadaya dari masyarakat dan pemerintah desa sepanjang 50 meter,”kata Kades Lamedai yang baru menjabat ini.

Mantan aktifis disalah satu lembaga ini menambahkan bahwa salah satu tujuan dari pembangunan drainase ini adalah dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih jauh pada infrastruktur lainnya seperti jalan, perkebunan serta pekarangan rumah warga yang disebabkan oleh gerusan air saat musim hujan terjadi. Beruntung kata dia saat ini Pemerintah melalui dana desa dari APBN dan Pemerintah Daerah melalui anggaran Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD Kab. Kolaka dinilai sangat membantu menuntaskan masalah yang dihadapi oleh Pemerintah di desanya saat ini.

“Karena drainase itu yang dianggap sangat prioritas, maka kita saat ini telah dibangun sepanjang 375 meter . dengan selesainya bangunan ini, maka masalah kondisi jalan yang rusak yang diakibatkan oleh buruknya saluran air selama ini telah dapat teratasi.(cr3/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top