Tabung LPG 3 Kg Langka – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Tabung LPG 3 Kg Langka

87aed62d9597c80e65f87945bb1815eeKOLAKA POS, KOLAKA – Sejumlah warga di dua kecamatan Baula dan Pomalaa mengeluhkan langkanya tabung hijau atau tabung gas 3 kg sejak mendekati idul fitri lalu. Buktinya beberapa warga terpaksa menggunakan bahan bakar alternatif untuk memasak.
“Terpaksa kita pake kayu bakar sementara, bagaimana kita keliling cari ke sana kemari semuanya kosong,” tutur Syamsuddin warga desa Baula.
Dia menduga ada permainan yang dilakukan oleh pihak pangkalan dengan pihak distributor tabung gas. “Saya curiga ada kerjasama permainan ini, supaya mereka permainkan harga,” tuturnya.
Kecurigaannya semakin tinggi sebab saat dirinya ke beberapa pangkalan ditemukannya beberapa pangkalan hanya mengelurakan beberapa stok tabung namun dijual dengan harga tinggi. “Contohnya itu di pangkalan di desa Langori atas nama H. Abu, saya kesana dia bilang ada tinggal beberapa saja, tapi harganya masa sampai 25 ribu?, trus saya tanya kenapa bisa naik saya kira ini pangkalan, dia bilang katanya dia beli bukan dari distributornya,” papar Syamsuddin.
Selain itu kata Syamsuddin tidak hanya tabung gas 3 kilo yang langka dan harganya naik, tabung 12 kg pun ikutan naik. “Di pangkalannya H Abu itu juga ada tabung 12 kilo tapi katanya juga hanya tonggal beberapa saja, dan harganya juga dia kasih naik sampai 190 ribu,” ujarnya.
Hal yang sama juga dirasakan oleh Rizal, warga desa PuundohoKecamtan Baula, jika sebelumnya dia bisa mendapatkan tabung gas 3 kilo dengan mudah di beberapa pengecer di desanya, kin dia harus berburu hingga ke wilayah kecamtan Pomalaa.”di depan sudah kosong semua, samapai sekarang, saya pergi cari di Pelambua Pomalaa sana baru saya dapat, itupun harganya samapai 30 ribu, mau diapa terpaksa di beli karena mau dipake masak,” ujarnya.
Warga berharap kelangkaan tabung gas 3 kg tersebut bisa diatasai terutama menjelang hari raya. “Kalau bisa kami minta ke depan pihak pertamina bisa menindak pangkalan dan distribusi yang nakal yang sudah kasi langka tabung menjelang hari raya, kita masyarakat jadi susah,”tutur Rizal. (cr4)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top