Ribuan Penumpang Diangkut Kapal Ferry Kolaka-Bajoe – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Ribuan Penumpang Diangkut Kapal Ferry Kolaka-Bajoe

ok mudik (1)

Suasana arus balik di pelabuhan Kolaka.FOTO : Mirwanto/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Sebanyak enam ribuan lebih penumpang dalam mudik lebaran tahun ini diangkut di kapal Ferry dari pelabuhan penyebrangan Kolaka Sulawesi Tenggara menuju Pelabuhan Penyebrangan Bajoe Sulawesi Selatan. Data itu dirilis di papan pengumuman di Kantor Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) di Pelabuhan penyebrangan Kolaka. Jumlah itu tercatat dimulai dari H Min 7 lebaran hari H ke dua lebaran pada Kamis 7 Juli.
Dari data itu, pada hari H min 7 jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 503 penumpang dengan 3 kali trip penyebrangan. Selanjutnya mengalami lonjakan pada hari-hari berikutnya. Bahkan pihak otoritas pelabuhan tersebut menambah trip pemberangkatan menjadi 4 trip hingga 7 trip saat puncak arus mudik.
Dari data itu puncak arus mudik terjadi pada hari H min 3 dan Hari H Min 2. Dimana pada Hari H min 3 jumlah pemudik yang diangkut mencapai 1.952 dengan 7 trip pemberangkatan. Sementara di hari H min 2 jumlah pemudik yang diangkut mencapai 1.196 orang.
Lonjakan pemudik yang mencapai puncaknya tersebut diduga karena saat itu mememasuki waktu libur dan cuti bersama.
Pihak ASDP menyatakan bahwa dalam angkutan lebaran tahun ini, pihaknya menyediakan 6 armada Kapal Ferry untuk mengangkut penumpang arus mudik hingga arus balik. “Sebenarnya ada 8 Kapal yang beroperasi di Pelabuhan ini, namun ada dua yang dokking sehingga hanya 6 yang beroperasi,” ujar Mursalun, Manager Usaha ASDP Pelabuhan Penyebrangan Kolaka.
Jika dibandingkan tahun lalu, jumlah pemudik tesebut terjadi penurunan. Tahun 2015 lalu dari H min 7 hingga Hari H lebaran tercatat 7.756 penumpang sementara untuk tahun ini hanya sebanyak 6.873 penmpang. Terdapat penurunan sekitar 883 jumlah pemudik.
Penurunan ini diduga karena beberapa pemudik memilih jalur mudik alternatif seperti Pelabuhan Tobaku di Kolaka utara dan menggunakan Pesawat Terbang. “Ada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi yang menuju Kolaka Utara di Pelabuhan Tobaku, sebab disini pada saat puncak arus mudik banyak yang menumpuk,” ujar Mursalun.
Sementara itu Arus Balik pantauan di lapangan hingga Minggu kemarin terpantau ramai lancar. “Kalau disini kita masih ramai lancar, informasi dari Bajoe yang mengalami peningkatan dalam arus balik ini, banyak pemudik yang menuju menuju pelabuhan Kolaka,” ujar Disan Jaya, Kepala Otorotas Pelabuhan Penyebrangan Pelabuhan kolaka.
Data yang ada di hari H plus 1 lebaran pelabuhan Penyebrangan Kolaka memuat 888 penumpang yang hendak mudik kembali ke kampung halamannya menuju pelabuhan Bajoe Sulawesi Selatan. (cr4)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top