Kolaka Dapat Bantuan 17 Unit Kapal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Kolaka Dapat Bantuan 17 Unit Kapal

feriKOLAKA POS, KOLAKA – Kabupaten Kolaka mendapatkan bantuan 17 unit kapal penangkap ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk tahun 2016. Rencananya bantuan tersebut akan diberikan bagi nelayan Kolaka.
“Tahun ini kita mendapatkan bantuan kapal penangkap ikan berikut kelengkapannya sebanyak 17 unit dari Kementerian. Kapal itu ukurannya bervariasi mulai dari 5 GT sampai 20 GT,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kolaka , H. Syafruddin.

Dia mengatakan, kapal ikan itu nantinya akan diberikan kepada kelompok nelayan yang memiliki badan hukum, karena untuk bantuan pemerintah harus diberikan kepada masyarakat atau kelompok yang memiliki badan hukum. “Sasaran utama kita adalah koperasi-koperasi yang masih aktif dan memiliki legalitas jelas. Kita juga akan membuat komitmen dengan koperasi yang mendapatkan bantuan ini agar bisa mengurus kapal tersebut dan mempergunakannya dengan baik,” katanya.

Jika mereka tidak bisa mengurus dan memanfaatkannya dengan baik, lanjut Syafruddin , maka bantuan itu bisa ditarik. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) juga akan terus melakukan evaluasi terhadap bantuan itu.”Alhamdulilah sampai saat ini bantuan yang diberikan ke nelayan dimanfaatkan dengan baik. Kami juga selalu melakukan pengecekan kepada bantuan yang telah di salurkan oleh dinas kami, ” ujar Syafruddin

Ia menambahkan pada tahun 2016, pihaknya juga mendapatkan bantuan DAK sebesar Rp 17 miliar dimana anggaran itu alah satunya digunakan untuk bantuan kapal berbahan piber.” Dana ini bersumber dari APBN dan untuk pembuatan kapalnya juga dilakukan bukan di Kolaka.Kolaka hanya menerima barang jadi kalau masalah pembuatan itu urusan kementrian,”tambahnya. (hud)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top