Ketua TP PKK Puji Pengembangan Program Kebun Masyarakat di Unamendaa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Ketua TP PKK Puji Pengembangan Program Kebun Masyarakat di Unamendaa

Ketua TP PKK Kabupaten Kolaka, Hj. Herti Ahmad Safei (tengah) bersama Kepala Desa Unamendaa dan warga meninjau langsung kebun masyarakat di desa Unamendaa

Ketua TP PKK Kabupaten Kolaka, Hj. Herti Ahmad Safei (tengah) bersama Kepala Desa Unamendaa dan warga meninjau langsung kebun masyarakat di desa Unamendaa

KOLAKA POS, KOLAKA – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kolaka, Hj. Herti Ahmad Safei menyatakan pujiannya terhadap keberhasilan pengembangan program kebun masyarakat di Desa Unamendaa Kecamatan Wundulako. Hal tersebut dikatakannya saat melakukan kunjungan kerja di desa Unamendaa beberapa waktu yang lalu.

Menurut Hj. Herti Ahmad Safei, program pemanfaatan pekarangan rumah yang di sulap menjadi kebun sayur mayur dan tanaman obat keluarga itu dinilai sangatlah bermanfaat dan bernilai positif bagi masyarakat. Apalagi dari hasil kebun tersebut, dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat dari penjualan sayur mayurnya itu.

“Yang paling mengesankan bahwa sayur mayur yang dihasilkan dari kebun masyarakat di desa ini bersifat aman bagi kesehatan sebab dalam membudi dayakannya tidak menggunakan zat kimia baik berupa pupuk maupun pestisida yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jadi yang mereka gunakan pada tanaman sayur mayur mereka selama ini adalah pupuk organik bernama bio boots,” kata Istri Bupati Kolaka, Ahmad Safei.

Sementara itu, Kepala Desa Unamendaa, Sabtiar Gadjang menambahkan bahwa penggunaan pupuk organik bio boots ini dicetuskan lantaran adanya kekwatiran masyarakat selama ini yang sebagian besar sayur-sayur lokal yang masuk ke pasaran Kolaka tak terbebas dari penggunaan pupuk maupun pestisida kimia. Makanya kata Sabtiar, penggunaan pupuk organik yang telah mendapat pengakuan dari Pemerintah, dapat direkomendasikan penggunaannya kepada warga di desanya khususnya pada tanaman tanaman Cabai, Tomat dan sayur-sayuran.

“Sebagai Daerah penghasil sayuran terbesar di Kabupaten Kolaka, kita tidak ingin hasil pertanian tersebut menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit bagi masyarakat. Makanya saat menanam kami menerapkan kepada masyarakat untuk menggnakan pupuk yang bersifat organik dengan nama Bio Boots. Selain aman dari sat kimia, Pupuk ini juga telah mendapat rekomendasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka sebagai pupuk yang aman dari zat kimia untuk digunakan oleh petani. Insya Allah kedepan semua warga Desa Sabiano diharapkan menggunakan pupuk tersebut dilahan pertaniannya agar hasil pertanian tersebut tetap aman untuk dikonsumsi,” kata Sabtiar.

Sabtiar menambahkan bahwa mengingat kondisi tanah di Desa Unamendaa sangat cocok dengan tanaman pertanian berupa sayur sayuran, maka sebagai Pemerintah Desa, dirinya menerapkan program kebun masyarakat bagi semua warganya, dimana seluruh lahan pekarangan rumah warga harus dibuat kebun sayur-sayuran utamanya Cabai, Tomat dan Terong. hal bertujuan agar ibu rumah tangga saat akan memasak sayur, mereka tak lagi jauh mencari atau membeli sayur tapi cukup memetik disekitar rumahnya. selain dekat, sehat juga dapat dijual untuk membantu sumber perekonomian mereka sehari-hari,”tuturnya. (cr3/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top