Usai Lebaran, 74 Ruko Areal Pembangunan Jembatan Bahtera Mas Dibongkar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Usai Lebaran, 74 Ruko Areal Pembangunan Jembatan Bahtera Mas Dibongkar

KOLAKA POS, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan meratakan sekitar 74 bangunan Rumah Toko (Ruko) yang berada pada kawasan pembangunan jembatan Bahteramas di kota lama seusai lebaran.
Menurut Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra La Ode Ali Akbar, penggusuran Ruko tersebut dilakunan setelah warga menerima ganti rugi dari Pemerintah. Baik yang ditalagi oleh Anggaran Belanja Nasional (APBN) maupun Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD).
“Diareal pembangunan jembatan Bahteramas masih tersisa 74 ruko, dan insyaallah usai lebaran baru dibongkar, setelah para pemilik ruko tersebut menerima ganti Rugi, dimana sebanyak 70 ruko dibiayai melalui APBD dan empat diantaranya dibiayai APBN), ungkapnya Rabu (28/6).
Kata dia, sejauh ini pemerintah Provinsi telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 10 Milyar untuk membiayai Ruko yang sebelumnya telah dihancurkan, sedangkan untuk 74 ruko yang belum dihancurkan akan menelan biaya sebesar Rp 19 milyar, yang penganggarannya telah dimasukkan dalam daftar pencairan.

“Sebelumnya kita telah menghabiskan uang Rp 10 Milyar untuk membebaskan beberapa ruko yang telah dihancurkan kemarin. Untuk yang 74 ruko ini sudah saya anggarkan dan dalam proses oencairan. sebenarnya kemarin kita mau langsung memberikan ganti rugi kepada semua warga yang terkena pembangunan tapi karna anggaran yang terbatas sehingga nanti diperalihan ini,” sebutnya.
Dia menambahakan untuk pelaksanaan penataan kawasan jembatan bahteramas pihaknya akan melakukan pembongkaran seluruh bangunan seusai lebaran tahun ini. Hal ini dikarenakan pembangunan tiang pancang akan segera dilakukan setelah beberapa minggu yang lalu pembersihan ranjau telah berhasil dilakukan tim Satgas TNI AL Kendari.
“Intinya seluruh bangunan yang terkena dengan badan jalan jembatan akan segera dirobohkan, sedangkan untuk yang tidak kena hanya akan dilkukan penataan ulang untuk menjaga keindahan lingkungan sekitar jembatan,” punkasya (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top