Fraksi Golkar Minta Pemerintah Bentuk Kantor Imigrasi Kolaka – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Fraksi Golkar Minta Pemerintah Bentuk Kantor Imigrasi Kolaka

KOLAKA POS, KOLAKA  – Ketua Fraksi Golongan Karya DPRD Kolaka, DR. H. Bakri meminta pemerintah agar membentuk kantor Imigrasi di Kolaka. Menurutnya dengan adanya kantor Imigrasi di Kolaka dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan keimigrasian. Selain itu dikatakanya Kantor Imigrasi sudah layak dibentuk di Kolaka sebab Kolaka memiliki potensi investasi dan pariwisata yang akan berhubungan dengan keimigrasian.
“Potensi investasi dan pariwisata kolaka ini sangat besar, kedepan memungkinan banyak WNA yang masuk bekerja dan bahkan akan menanamkan investasinya, begitu juga potensi wisata kita saat ini, dengan adanya kantor imigrasi tentu akan sangat membantu, misalnya pengusursan paspor tidak lagi jauh-jauh ke kantor Imigrasi klas II di Kendari,” tuturnya.
Penguatan lain yang menjadi dasar bagi Fraksi Golkar mendorong terbentuknya kantor Imigrasi, kata Bakri Mendong, sebab saat ini raperda mengenai retribusi perpanjangan mempekerjakan tenaga kerja asing sementara digodok. Selain itu jumlah calon jemaah haji Kolaka tiap tahun meningkat dan terbesar di Sulawesi Tenggara yang membutuhkan pengurusan di kantor imigrasi. “Sangat pantas berdiri Kantor Imigrasi disini, kenapa kita dorong ini sebab kita terinsipirasi dari Raperda mengenai retribusi perpanjangan mempekerjakan tenaga kerja asing yang sementara digodok, lalau kalau kita liat tiap tahunnya jamaah haji kita terbesar di sultra dan selalu meningkat, jadi kalau ada kantor imigrasi disini tentu pengurusan dokumen keimigrasian jamaah haji akan lebih mudah lagi,” ujar peraih Doktor Ilmu administarsi dan Kebijakan Publik Unhas tersebut.
Lebih jauh, Bakri memastikan bahwa bilamana ada kantor imigrasi di Kolaka, maka ada tiga Kabupaten lainnya akan dimudahkan dalam pengurusan dokumen keimigrasian yaitu Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Kolaka Timur dan Kabuoaten Bombana. “Tentu tiga kabupaten lainnya akan mudah juga pengurusan keimigrasiannya, nah sekarang tinggal pemerintah Kolaka mengkomunikasi dengan Kementrian terkait dan menyiapkan lahan kantornya, saya kira kalau ini diseriusi bisa terwujud,” ujarnya. (cr4/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top