Polda Sultra Siapkan 120 Personil, Polres 1500 Personil Back Up Kemacetan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Polda Sultra Siapkan 120 Personil, Polres 1500 Personil Back Up Kemacetan

Kadirlantas. FOTO : Kadamu/KolakPos

Kadirlantas. FOTO : Kadamu/KolakaPos

KOLAKA POS, KENDARI – Dalam rangka operasi ramadhania pihak polisi daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan seluruh jajarannya untuk tidak ada kemacetan di jalanan. Polda sendiri menyiapkan sekitar 120 orang dan untuk Polres-Polres sekitar 1500 orang untuk memback up kemacetan.

Hal ini diungkapkan, Kadirlantas, Kombes Rudy Antariska, menurutnya dengan operasi ramadania pihak kepolisian telah mempersiapkan segala sesuatunya.
Mengenai persiapan tersebut akan dilaksanakan dijalur darat maupun udara. “Jalur utama itu, Kendari, Konawe, Kolaka, dan Kolaka Utara. Daerah ini rawan longsor, karena di situ ada tebing, jalannya berbelok-belok, dan kita sudah koordinasi dengan pihak terkait, yakni, pemerintah daerah, Basarnas, perhubungan, untuk menempatkan kendaraan-kendaraan berat di lokasi tersebut karena sering terjadi longsor, ungkapnya, di aula Polda Sultra, Selasa 29/6.

Polisi tiga bunga dipundaknya ini menambahkan, dengan persiapan ini jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadi longsor, maka akan segera dapat diatasi dengan cara dikerok tanahnya. “Ini kita lakukan agar mencegah kemacetan, supaya kendaraan tidak menumpuk disitu,” tuturnya.

Rudy Antariska menuturkan, selain itu, setiap Polres telah menyiapkan pelayanan terpadu. Di situ ada polisi, dinas perhubungan, petugas kesehatan, mobil ambulance dan bengkel. “Kita siapkan ini untuk mudik lebaran, misalnya di perjalanan ada yang rusak motornya, maka bisa singgah diperbaiki dibengkel tersebut yang sudah disiapkan,” katanya.

Rudy menghimbau, untuk mudik yang menggunakan sepeda motor , diharapkan menyiapkan semuanya. ”Maksudnya menyiapkan dalam bentuk, fisik harus sehat, kemudin kondisi kendaraan, yang utama perlengkapan kendaraan dan mesinnya dicek supaya siap, dan layak pakai. Terus Remnya, lampu wesernya, lampunya kalau sudah rusak diprbaiki, terus ban motornya kalau gundul diganti, karena itu rawan kecelakaan. Jadi, bagi masyarak yang mau mudik perbaiki atau diservis dulu motornya, supaya tidak terjadi kecelakaan,” tutupnya. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top