Panwas Kolut : 130 Warga Mendaftar Jadi Panwascam – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Panwas Kolut : 130 Warga Mendaftar Jadi Panwascam

ilustrasi-panwaslu_20150608_201602KOLAKA POS, LASUSUA – Sejak membuka pendaftaran, sebanyak 130 pendaftar dari 15 kecamatan yang memasukkan berkasnya untuk mengikuti seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Ketua Panwas Kolaka Utara (Kolut), Ajmal Arif di ruang kerjanya mengatakan, sejak pembukaan pendaftaran Panwascam sejak tanggal 19 sampai 24 penutupan sedikitnya 130 calon peserta yang telah memasukkan berkasnya, meski ada beberapa kecamatan yang kurang dari kuota yang ada.

“Untuk kecamatan yang belum memenuhi kuota mininal aturannya itu mininal enam panwascam dalam satu kecamatan kalau ada yang belum akan diperpang tiga sampai lima hari ke depan kemudian di plenokan,” ujarnya kepada Kolaka Pos.

Lanjut dia katakan, untuk langkah selanjutnya setelah bersurat ke kecamatan untuk memenuhi kouta meski belum mencukupi sampai waktu yang ditentukan tetap dilakukan test. “Meski tidak mencukupi tetap dilanjutkan untuk langkah selanjutnya yaitu tes tertulis.wawancara dan Fit and Profer test,” terangnya.

Ajmal menambahkan, dimana saat ini panitia sedang melakukan sortir data berkas para calon panwascam meski ada beberapa beberapa peserta yang tidak lulus berkas dari persyaratan yang ada tapi belum bisa dipastikan jumlahnya karena masih dalam tahap perifikasi.

“Penyebab gugurnya peserta panwascam misalnya ijazahnya kita ragukan keasliannya maka kita panggil kalau tidak bisa buktikan keasliannya maka gugur dengan sendirinya di perifikasi berkas, begitupun kelengkapan berkas lainnya,” terangnya

Jadi, dari sekian pendaftar dari kecamatan jumlah pendaftarnya bervariasi namun yang terbanyak dari kecamatan Batu Putih sampai 14 orang, kecamatan wawo 7,kecamatan Rante Angin 12.Kecamatnan Lambai 7 ,kecamatan Tiwu 7 ,Kecamatan Lasusua 10 , katoi 5 , kodeoha 5. Ngapa 9. Kecamatan Watunohu 8,Kecamatan Pakue 13, Krcamatan Pakue Tengah 6.kecamatan Pakue Utara 9 ,kecamatan Puurehu 11. Dan kecamtan Tolala 7 orang.

“Setelah verifikasi berkas tanggal 1 Juli akan dilakukan tes tertulis, setelah itu akan dilakukan lagi tes wawancara,” bebernya.

Dari sekian pendaftar yang ada itu setelah tes tertulis nantinya keluar enam peserta dan enam orang inilah yang dilakukan Fit and Proper test dan yang dinyatakan lulus tiga orang yang akan dilantik jadi panwascam di kecamatan masing-masing. “Setelah terbentuk panwascam yang akan merekrut Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang sesuai aturan baru satu orang perdesa,” tambahnya.

Dirinya berharap, untuk panitia kelompok kerja (Pokja) yang melakukan perfikasi berkas teliti dengan baik berkas para calon panwascam tersebut. “Jangan sampai ada yang terlewatkan karena kita ingin betul-betul merekrut panwas kecamatan yang berkwalitas sehingga mereka bisa menjalankan fungsi pengawasan dengan baik,” tegasnya.

Sementara dirinya berharap, untuk para pesarta dihimbau agar mereka belajar dengan baik mempelajari masalah pengawasan dan undang-undang panwaslu. “Insya Allah untuk peserta enam orang terilih kita akan merengking siapa yang tertinggi dari tes wawancara dan tertulis maka kita akan ambil masuk ketiga besar jadi kita berharap dapat panwascam yang terbaik,” harapnya. (k2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top