74 Napi di Raha Bakal Dapat Remisi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

74 Napi di Raha Bakal Dapat Remisi

tahanan-napi-ilustrasiKOLAKA POS, RAHA – Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan keputusan untuk memberikan remisi Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Kepala Devisi Permasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra Haji Muslim mengatakan, ada 816 narapidana (napi) yang mendapat remisi khusus tersebut.
Bahkan, diantara 816 napi yang diusulkan untuk mendapat remisi, dua orang diantaranya akan langsung bebas saat mendapat remisi khusus.
“Jadi untuk Rutan Raha 74 orang yang mendapatkan remisi, Lapas Kendari itu 241 orang, Lapas Bau-Bau 194 orang, Rutan Kendari 84 orang, kemudian Rutan Kolaka 87 orang dan Rutan Unaaha 132 orang. Itu yang mendapat remisi khusus 1. Ada juga yang diberikan bebas dua orang,” ujar Haji Muslim pada awak media usai menggelar Safari Ramadhan dan buka puasa bersama yang dihadiri Kakanwil Kemenkumham Sultra Agus Purwanto, dan ratusan napi di Rutan kelas II B Raha Senin (27/6) malam.
Ia menuturkan, tahun ini jumlah seluruh narapidana di Sultra mencapai 2023 orang dengan berbagai kasus kejahatan. Namun pemberian remisi yang dikeluarkan Kemenkumham Kantor Wilayah Sultra di Hari Raya Idul Fitri 2016, hanya dikhususkan pada Napi umum saja.
“Yang mendapatkan remisi itu kasus pencurian, perkelahian, pemerkosaan, serta penganiayaan. Kalau yang seperti undang-undang tipikor, ilegal loging, ilegal fising, kemudian narkoba itu, harus dikirim ke pusat,” katanya.
Selain itu, pemberian remisi atau pemotongan masa tahanan yang akan diberikan untuk para Napi bervariasi, tergantung lamanya para Napi menjalani hukuman mereka. Olehnya itu, Muslim berharap, kepada seluruh warga binaan untuk bisa merubah perilaku dan selalu berbuat baik. Sebab, salah satu syarat mendapat remisi adalah Napi yang berperilaku baik.
“Bervariasi, kalau dia (Napi, red) satu sampai enam bulan, dia dapat remisi 15 hari. Kalau satu tahun, dia dapat satu bulan remisi. Jadi sudah ada hitung-hitungannya,” tandas Muslim. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top