Puulemo Bangun Sarana Air Bersih – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Puulemo Bangun Sarana Air Bersih

KOLAKA POS, KOLAKA – Krisis air bersih yang sering melanda desa Puulemo, kecamatan Pomalaa, membuat warga mendesak pemerintah desa untuk membangun sarana air bersih, yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat. Sejalan dengan bergulirnya dana desa dari Kementerian Desa dan alokasi dana desa (ADD), yang bersumber dari Pemda Kolaka membuat pemerintah desa
Puulemo menjawab keluhan warga di desanya itu, dengan membangun sarana air bersih berupa pembangunan bak dan sistem perpipaan. Dengan dibangunnya sarana air bersih tersebut, kelak warga desa tak lagi menjadikan masalah air bersih sebagai keluhan mereka.
Sekretaris Desa Puulemo, Nurdin mengatakan, pembangunan sarana air bersih di desanya merupakan solusi bagi keluhan warga desa Puulemo, selama ini yang masih kekurangan air bersih. Bersyukur kata dia, dengan bantuan dana dari Kementerian Desa pihaknya dapat membangun sarana air bersih berupa intake dan bak distribusi.
“Selain pembangunan bak, kita juga melakukan pemasangan perpipaan dengan panjang 2,7 km. Hanya saja mengingat jarak dari sumber air dengan permukiman warga, membuat pekerjaan ini sedikit menjadi lama karena kondisi medan yang berbukit-bukit,” kata Nurdin.
Lebih lanjut Nurdin menambahkan, bahwa saat ini pekerjaan yang didanai oleh dana desa sebatas intake, bak dan pipa induk, sebab saat ini sudah terdapat jaringan perpipaan yang masuk ke rumah-rumah warga.
“Memang sejak lama sudah ada pipa yang menuju ke rumah-rumah warga. Jadi, nantinya kita tinggal menyambung dari pipa induk ke pipa yang masuk ke rumah-rumah warga. Insya Allah, tahun ini air bersihnya sudah dapat dimanfaatkan oleh warga,” tegasnya. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top