Pembangunan Gedung Posyandu Pewutaa, Sebagai Langkah Maju di Sektor Kesehatan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Pembangunan Gedung Posyandu Pewutaa, Sebagai Langkah Maju di Sektor Kesehatan

20160624_154513 (2)KOLAKA POS, KOLAKA – Kurangnya perhatian pemerintah di sektor kesehatan menjadi salah satu pemicu terjadinya kejadian yang tidak diinginkan terjadi bagi masyarakat. Salah satu solusi dalam mengantisipasi hal tersebut yakni dengan melakukan pembangunan di Sektor Kesehatan.

Kepala Desa Pewutaa, Saniasa, mengatakan Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting. Tujuan diselenggarakannya pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Pembangunan Posyandu adalah salah satu bentuk upaya pembangunan kesehatan yang bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk bersama masyarakat dalam penyelengaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi,”jelas Salah satu Kepala Desa perempuan di Kolaka ini.

Lanjut dia, tujuan utama posyandu ialah penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia melalui upaya pemberdayaan masyarakat. Sasaran dari pelayanan posyandu ialah seluruh masyarakat terutama bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, serta Wanita Usia Subur (WUS) dan Pasangan Usia Subur (PUS). Kegiatan posyandu terdiri dari Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, perbaikan gizi, pencegahan dan penanggulangan Diare.

“Bersukur tahun ini melalui dana desa, kami tengah membangun Posyandu di Desa Pewutaa yang pembangunan nya kini telah berjalan 80 tahap penyelesaiannya. Jila Posyandu ini kelak selesai, maka pelayanan kesehatan dasar utamanya terhadap ibu dan bayi bisa terlaksanakan,”kata Saniasa. (Cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top