Jalur Mandiri, USN Siapkan 1500 Kuota Maba – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Jalur Mandiri, USN Siapkan 1500 Kuota Maba

imagesKOLAKA POS, KOLAKA – Tahun ini, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka telah menyelenggarakan dua kali seleksi penerimaan mahasiswa baru. Yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarnya berasal dari calon mahasiswa baru (Maba) di Sulawesi Tenggara. Selain seleksi pada dua jalur tersebut, USN Kolaka kembali membuka kesempatan bagi calon Maba untuk melanjutkan studi pada lembaga pendidikan negeri tersebut melalui jalur seleksi lokal atau jalur mandiri. Jalur yang pendaftarannya telah dibuka sejak 1 Juni hingga 15 Juli ini, USN menyiapkan 1.500 kuota Maba.

Kasubag Akademik USN, Suliamin K, S.Pd.,M.Sc., mengatakan pendaftaran melalui jalur mandiri berbeda dengan seleksi melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN.
Menurutnya, seleksi penerimaan Maba melalui jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang dibuka secara khusus oleh USN Kolaka. “Kalau ini panitianya, dari USN sendiri berbeda dengan sebelumnya (SBMPTN dan SNMPTN, red) yang panitia seleksinya dari pusat,” ungkapnya.

Lanjut Suliamin, kuota yang disiapkan pada jalur mandiri ini tersebar pada 12 Program studi (Prodi) dari lima fakultas yang ada di UNS Kolaka. Hanya saja, program studi yang banyak peminatnya adalah Sistem Informasi dan prodi Administrasi. Olehnya itu, untuk mentaktisi hal ini penfdaftar yang sudah melebihi banyak peminatnya akan dialihkan ke program studi yang belum terpenuhi kuotanya, sesuai pilihan calon maba yang mendaftar. “Prodi yang sudah terpenuhi kuota pendaftarnya akan kami alihkan pada pilihan ke dua atau ketiganya, karena masih ada prodi yang kuotanya belum terpenuhi pada jalur SNMPTN maupun SBMPTN lalu,” ujarnya.

Dikatakannya, persyaratan untuk mendaftar jalur mandiri cukup mudah, hanya dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250 ribu pada bank BNI Kolaka. Kemudian melakukan pendaftaran online di laman www.pmb.usn.ac.id. “Calon pendaftar melampirkan pasfoto dan foto copy ijazah atau dapat diganti dengan surat keterangan lulus. Selain itu juga calon maba menyertakan bukti slip pembayaran dari bank dan kartu peserta bukti pendaftaran online,” katanya.

Pada penjaringan jalur mandiri ujiannya ini akan dilaksanakan pada 16-18 Juli mendatang. Ujian itu akan dilakukan dengan menggunakan ujian berbasis Computer Based Test (CBT). Dan hasilnya akan diumumkan pada 22 Juli 2016, secara online.

Alumni Magister UGM ini menambahkan, hingga saat ini sebanyak 600 lebih calon maba telah melakukan pendaftaran. Dari pendaftar itu, pendaftar teebanyak ada program studi Sisrem Informasi dan Administrasi. Ia memperkirakan jumlah ini akan terus bertambah hingga batas pendaftaran nanti. “Yang jelas kami menyiapkan 1.500 kuota Maba melalui jalur mandiri ini,” terangnya.

Untuk diketahui, tahun ini USN Kolaka diberikan kuota sebanyak 2.500 Maba, hingga kini kampus yang nantinya memiliki gedung induk di Tanggetada ini baru memiliki 269 Maba yang lulus pada seleksi SNMPTN. Sedangkan penjaringan melalui SBMPTN baru akan diumumkan pada hari ini. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top