Hubungkan Dua Dusun, Ratusan Meter Jalan Desa Kukutio Dibuka – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Hubungkan Dua Dusun, Ratusan Meter Jalan Desa Kukutio Dibuka

Kepala Desa Kukutio, I Nyoman Budiarsana.

Kepala Desa Kukutio, I Nyoman Budiarsana.

KOLAKA POS, KOLAKA  – Terbatasnya infrastruktur jalan yang menghubungkan antara dusun di desa Kukutio, kecamatan Watubangga, menjadi salah satu persoalan bagi masyarakat di daerah itu. Sebab, selain berdampak pada terlambatnya pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat, minimnya akses jalan juga menyulitkan warga dari atau menuju daerah lainnya. Hal ini pula
kemudian menjadi alasan bagi pemerintah di desa Kukutio, dalam memprogramkan pembukaan infrastruktur jalan desa sepanjang 350 meter, yang menghubungkan antara dusun V dan dusun II di desa tersebut.

Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan Desa Kukutio, Hanuji mengungkapkan, bahwa selama ini akses jalan yang terdapat di desanya masih dianggap minim, apalagi seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, yang secara otomatis telah memperluas wilayah permukiman, maka sangat dibutuhkan akses jalan menuju ke areal permukiman baru tersebut.

“Pembukaan jalan desa yang kita kerjakan sepanjang 350 meter itu, merupakan jalan utama desa yang menghubungkan antara dua dusun, yakni dusun V dan dusun II. Pembukaan jalan ini dianggap penting, mengingat jalan tersebut memang sangat diharapkan oleh warga ke permukiman serta ke lahan perkebunan,” kata Uji sapaan akrab Hanuji.

Sementara itu, Kepala Desa Kukutio, I Nyoman Budiarsana menambahkan, bahwa sebagai desa yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, yang mencapai 1.583 jiwa atau sama dengan 487 kepala keluarga, maka desa Kukutio memerlukan berbagai infrastruktur pendukung wilayah, salah satunya adalah jalan desa.

“Pembangunan jalan di desa ini memang sangat diharapkan oleh warga, agar wilayah desa yang selama ini belum terhubungkan dapat dibuka. Kesemuanya itu merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan di wilayah ini. Sebab, dengan terbukanya akses transportasi, maka dapat dipastikan juga akan memicu pertumbuhan
perekonomian warga di desa kami,” kata Budiarsana.

Pembukaan jalan ini pula katanya, sejalan dengan program SMS Berjaya yang dikenal dengan sembilan program prioritas utama Pemda Kolaka, yang khususnya pada poin ke lima yakni perbaikan infrastruktur perhubungan jalan dan jembatan. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top