Bupati Konawe Optimis Raih Opini WTP Tahun Ini – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Bupati Konawe Optimis Raih Opini WTP Tahun Ini

Kery-Bupati-KonaweKOLAKA POS, UNAAHA – Ambisi bupati Konawe Kery S Konggoasa untuk bisa meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP), dari badan pemeriksa keuangan (BPK) rupanya tak main-main. Buktinya, mulai dari laporan penggunaan anggaran hingga aset daerah tidak luput diselesaikan, misalnya saja laporan keuangan instansi atau jajaran dinas.
Bahkan jauh hari sebelumnya orang nomor satu di Konawe itu, mengimbau kepada dinas dan instansi di Konawe untuk memperbaiki laporan pertanggungjawabannya.
“Saya yakin WTP sudah bisa kita raih tahun ini, adipura juga,” ungkap Kery.
Optimisme bupati Konawe untuk meraih opini WTP tersebut, karena masalah laporan keuangan di Konawe sudah beres. Bahkan aset-aset daerah yang menjadi penghalang tahun lalu juga sudah selesai, meski masih ada aset yang berada di luar kabupaten Konawe seperti terminal Puuwatu, namun hal itu bukan menjadi penghalang.
Sebab, aset yang berada di luar Konawe nantinya akan dibarter dengan lahan pemerintah provinsi yang berada di Konawe. Sementara aset di kabupaten Konkep, Konut dan Konsel, sudah tidak ada lagi.
“Saya sudah bicarakan dengan Pemprov, kalau Terminal Puuwatu akan kita barter dengan lahan sekolah pertanian yang berada di Konawe, tepatnya di depan kampus universitas Lakidende. Nah, artinya jika terminal (Puuwatu, red) ini sudah kami lepas, berarti tidak ada lagi aset-aset kabupaten Konawe yang berada di luar Konawe,” katanya.
Kery menegaskan, jika tahun ini Konawe lagi-lagi belum mendapat opini WTP, maka Kery akan menanyakan permasalahan apa yang menghambat, karena keyakinan untuk meraih status tersebut sepenuhnya sudah selesai, sampai-sampai kata dia untuk menggunakan anggaran daerah saja harus dilaporkan dengan dilampirkan bukti dokumentasi. Salah satu contoh kecilnya biaya konsumsi.
“Kita tunggu laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK, kalau belum WTP saya akan tanya ke BPK, apalagi masalahnya? Karena laporan keuangan sekarang tidak seperti dulu, kalian makan saja itu harus dilaporkan dan harus ada fotonya, jadi kalau kalian makan saya foto korang nanti,” ungkap Kery sembari bercanda. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top