BUMDes Kastura Kembangkan Usaha Mobiler – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

BUMDes Kastura Kembangkan Usaha Mobiler

KOLAKA POS, KOLAKA – Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Demikan slogan motivasi yang keluar dari ucapan Kepala Desa Kastura Kecamatan Watubangga saat Kolaka Pos bertandang ke kediamannya. Adalah Haris, Sosok Kepala Desa Kastura yang satu ini memang berbeda dengan Kepala Desa ditempat lain.

Untuk membangun desanya, dia terkadang menggunakan cara lain yang kebanyakan orang menganggapnya tidak rasional. Pasalnya hal yang dia lakukan terkadang berada, diluar kepala, orang lain. Sebagai contoh kegiatan peningkatan kapasitas jalan berupa perkerasan uang dianggarkan sepanjang 1, 5 km, ternyata mampu dikerjakan dengan panjang lebih 3 km, dengan menggunakan anggaran yang sama. Caranya, dia membangun kemitraan dengan perusahaan PT DJL sebagai perusahaan milik swasta yang bergerak disektor perkebunan kelapa sawit untuk ambil bagian dalam pembangunan di desa itu.

“Djl itu kan mempunya lahan kelapa sawit di desa ini, selain itu mereka juga memanfaatkan jalan ini menuju ke kantornya. Jadi apa salahnya jika kita membangun kemitraan dengan mereka untuk kelangsungan pembangunan di desa ini. Makanya jangan heran jika jalan yang kita kerjakan melebihi dari volume setelah selesai. Ini karena adanya partisipasi dari perusahaan tersebut,”kata Haris.

Untuk Pengelolaan BUMDes sendiri, setelah memiliki penyulingan minyak nilam, dirinya memberikan peluang bagi pengurus BUMDes di desanya untuk mengembangkan usaha mobiler dengan kegiatan pembuatan lemari. Nantinya lemari tersebut akan dipasarkan kepada masyarakat yang ada di desanya maupun desa luar dengan cara mencicil dengan angsuran yang sangat terjangkau.

“Mengingat potensi kayu olahan di desa ini terbilang besar, maka kami memanfaatkan peluang itu dengan mengembangkan usaha mobiler yang dapat dijangkau oleh warga. Caranya, kami memberikan bantuan modal usaha kepada BUMDes untuk membuat lemari kayu. Lemari itu nantinya akan dijual secara angsur dengan angsuran yang sangat rendah agar terjangkau oleh masyarakat kecil yang ingin memiliki lemari namun kondisi ekonominya masih kecil. Dari hasil penjualan itu, Bumdes akan menerima keuntungan yang akan dijadikan sebagai aset dan modal usaha, “kata Haris.

Dia berharap kedepan seluruh warga Kastura dapat memiliki lemari tanpa harus terbebani dengan tingginya harga lemari, baik dengan cara di cicil maupun dengan tunai. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top