Bangun JUT 1,5 Km, Desa Mataosu Ujung Buka Akses ke Perkebunan Warga – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Bangun JUT 1,5 Km, Desa Mataosu Ujung Buka Akses ke Perkebunan Warga

KOLAKA POS, KOLAKA – Upaya Pemerintah Desa Mataosu Ujung Kecamatan Watubangga dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warganya terus dilakukan. Hal tersebut terlihat dalam program pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) di desa itu yang dibangun saat ini. Jalan sepanjang 1,5 kilo meter yang dibangun di desanya itu, kini telah dapat digunakan oleh warga khususnya petani menuju ke lahan perkebunan mereka.

Kepala Desa Mataosu Ujung, Rudianto, mengatakan tujuan dibangunnya JUT di desanya saat ini tak lain untuk menjawab kesulitan warga khususnya petani yang ada di desanya. Sebab kata dia, mengingat luasnya areal perkebunan yang belum ditunjang dengan akses jalan selama ini, membuat petani yang memiliki kebun ditempat tersebut sangat kesulitan dalam mengangkut bibit maupun hasil panen mereka.

Kepala Desa Mataosu Ujung yang terpilih pada 22 Desember 2015 lalu ini menambahkan bahwa saat ini salah satu infrastruktur yang sangat dibutuhkan di desanya adalah pembangunan jalan, baik jalan desa, jalan dusun serta jalan usaha tani.

” Kalau jalan desa, sekitar 20 kilo meter di desa ini sangat butuh perbaikan, sebab baik saat desa ini masih menjadi sebuah dusun di Desa Mataosu, hingga dimekarkan menjadi Desa Mataosu Ujung pada tahun 2012 lalu, kondisinya memang belum pernah tersentuh dengan proyek pembangunan jalan. Padahal jalan desa ini dapat dikatakan sudah menjadi jalan kabupaten, sebab telah menghubungkan antara Desa Mataosu Ujung Kabupaten Kolaka dengan Desa Awiu Kabupaten Kolaka Timur. Kami berharap kiranya Pemerintah bisa memberikan perhatian yang serius bagi pembangunan jalan di desa kami,”kata Rudianto.

Terkait pembangunan JUT yang menggunakan anggaran dana desa tahun 2016 kata Rudi, dialokasikan di dua dusun yakni dusun 1 sepanjang 1.000 meter dengan lebar 4 meter, sementara untuk di dusun 2 dengan panjang 500 meter dengan lebar 4 meter.

“Jalan yang kami bangun ini melintasi perkebunan Kakao dan kebun Nilam, sebab kesulitan warga selama ini jika musim panen, tidak ada akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan dalam nengangkut hasil lanen mereka,”tandasnya.

Dengan adanya Pembangunan di desanya, baik yang menggunakan dana desa maupun yang bersumber dari dana alokasi desa Kabupaten Kolaka, dirinya menjamin kelak dapat dirasakan asas manfaatnya oleh warga. Apalagi kata dia, pembangunan infrastruktur pertanian merupakan salah satu program prioritas SMS-Berjaya Pemda Kolaka yang harus disukseskan.

“Pembangunan infrastruktur pertanian sudah termaktub pada butir keempat dari 9 program prioritas SMS Berjaya Pemda Kolaka. Jadi apapun alasannya, kami harus mensukseskan program tersebut karena memang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di desa kami,”kata kades Mataosu Ujung, Rudianto. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top