Antisipasi Luapan Air, Ratusan Meter Drainase Dibangun di Desa Pesouha – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Antisipasi Luapan Air, Ratusan Meter Drainase Dibangun di Desa Pesouha

Drainase di desa Pesouha yang kini dalam tahap pembangunan.FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

Drainase di desa Pesouha yang kini dalam tahap pembangunan.FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Sebagai salah satu desa yang memiliki topografi di daerah rendah, selama ini desa Pesouha, kecamatan Pomalaa, telah menjadi sasaran dan langganan air kiriman yang berasal dari gunung. Apalagi kawasan pegunungan di desa tersebut merupakan wilayah izin usaha pertambangan yang selama ini telah diolah oleh puluhan perusahaan pertambangan. Hal
ini kemudian menjadi pemicu terjadinya banjir kiriman, yang membawa material tanah berwarna merah yang kemudian masuk ke permukiman warga di desa itu.
Beruntung, saat ini pemerintah telah mengalokasikan bantuan dana melalui pos dana desa, dari pemerintah pusat dan dana alokasi desa (add) dari pemerintah daerah Kolaka, yang sebagian besar dari dana tersebut dimanfaatkan dalam membangun sejumlah infrastruktur desa, yang salah satunya adalah bangunan drainase.
Kepala Desa Pesouha, Marung Soba mengatakan, salah satu solusi yang harus ditempuh dalam meminimalisir terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh meluapnya banjir kiriman, yang selama ini terjadi di daerah itu adalah dengan memperbanyak bangunan saluran drainase. Sebab, dengan bangunan ini kata dia, air yang selama ini masuk ke rumah warga serta menggenangi areal pertanian, dapat dialirkan ke saluran induk yang nantinya akan menuju ke sungai.
“Kami memang sengaja membangun drainase ini dibanyak tempat, sebab jika musim hujan, hampir seluruh permukiman warga tergenang oleh air yang berasal dari gunung. Untuk bangunan drainase pada tahun ini, kita
membangun di tiga dusun dengan total panjang 321 meter, dengan rincian di dusun 1 dengan panjang 96 meter, dusun 2 dengan panjang 150 meter dimana pembangunannya dilakukan di dua titik dengan masing-masing sepanjang 90 dan 60 meter dan di dusun 3 dengan panjang 75 meter,” Kepala Desa Pesouha, Marung Soba.
Sementara itu, Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan Desa Pesouha, Gusri menambahkan, pembangunan drainase di desanya itu juga dilakukan, untuk meminimalisir meluapnya air ke salah satu sekolah dasar di desa itu.
“Di dusun 2 desa ini, terdapat kawasan rawa-rawa dimana disekitar rawa tersebut terdapat bangunan sekolah dasar. Jika musim hujan air dirawa tersebut meluap dan masuk ke halaman sekolah dasar, sehingga sangat mengganggu aktifitas belajar mengajar di sekolah itu. Untuk mengantisipasi kejadian ini tidak berulang, maka dibangunlah drainase
di samping sekolah sepanjang 90 meter. Kita berharap dengan drainase ini air yang berasal dari rawa, tidak lagi masuk ke halaman sekolah sehingga aktifitas belajar mengajar di sekolah itu tidak lagi terganggu,” kata Gusri. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top