82 Kades di Konsel Siap Dilantik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

82 Kades di Konsel Siap Dilantik

KOLAKA POS, ANDOOLO – Mengingat alokasi dana desa (ADD) sudah berjalan, Pemerintah kabupaten Konsel akhirnya menetapkan pelaksanaan pelantikan sejumlah desa yang belum lama ini telah mengikuti pemilihan kepala desa serentak (Pilkades), yakni pada tanggal 15 Mei 2016 lalu.

Pelantikan tersebut, sempat terpending disebabkan beberapa oknum yang tidak menerima kekalahan.

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga menjelaskan seharusnya pelantikan ini digelar sebelum lebaran, namun masih ada yang bersengketa maka kita undur.

“Kemudian mengingat pelaksanaan alokasi dana desa (ADD) ini sudah sementara berjalan, maka kita akan segera melantik kades terpilih supaya anggaran desa bisa berjalan,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh wakil bupati Konsel, Dr H Arsalim Arifin SE, M.Si. kata dia, setelah melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa (BPMD) setempat, pihaknya telah menyepakati pelantikan desa itu tanggal 30 Juni 2016.

“Tepatnya hari Kamis nanti kita sudah lantik desa terpilih ini,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 85 desa yang telah melaksanakan Pilkades serentak baru-baru ini, ada sekitar 15 desa yang bersengketa.

“Namun setelah kita selesaikan, dari 15 desa yang sempat klaim ini, tersisa tiga desa yang belum damai. Diantaranya yakni Desa Tanjung Tiram. Mudah-mudahan secepatnya bisa selesai supaya bisa diikutkan pada pelantikan nanti,” harapnya.

Dari tiga desa tersebut kata Arsalim, rata-rata mempersoalkan terkait ketidak netralan didalam pelaksanaan Pilkades. Disamping itu juga mengenai ijazah dan administrasi.

“Nah itulah yang akan kita verivikasi dan klarifikasi ulang dengan harapan bisa dilantik nanti,” harapnya.

Sementara itu, kepala BPMD Konsel, Syaifullah, SE, M.Si membenarkan terkait pelaksanaan pelantikan desa tersebut.

“Kalau tidak ada halangan, hari kamis dilantik. Tanggal 29 nanti semua desa yang mau dilantik sudah berkumpul di BMPD untuk gladi,” ungkapnya.

Sebanyak 82 desa yang dipastikan akan dilantik pada tanggal 30 Juni 2016 Mendatang. Sementara yang tiga desa masih dalam proses verifikasi, adapun rencana tempat pelantikannya yakni di gedung Gor Konsel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top