59 KK Dapat Rumah Gratis, Desa Mataosu Ujung Keciprat KAT – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

59 KK Dapat Rumah Gratis, Desa Mataosu Ujung Keciprat KAT

59 KK Dapat Rumah Gratis, Desa Mataosu Ujung Keciprat KAT

Kepala Desa Mataosu Ujung, Rudianto saat meninjau lokasi perumahan gratis 59 KK. Foto : Hasrul

KOLAKA POS, KOLAKA – Sebanyak 59 Kepala Keluarga (Kk) di Desa Mataosu Ujung Kecamatan Watubangga pada tahun ini keciprat bantuan perumahan melalui program Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial RI. Keseluruhan warga yang mendapatkan bantuan perumahan tersebut nantinya akan menempati lahan yang telah disediakan oleh Pemerintah Desa Mataosu seluas 1 hektar.

Ditunjuknya Desa Mataosu Ujung sebagai desa penerima program KAT dari pemerintah pusat lantaran sejak desa ini dimekarkan dari Desa Mataosu pada tahun 2012 silam, dapat dikatakan tak ada perkampungan dengan rumah penduduk yang saling berdekatan sebab masing-masing warga hanya mendirikan rumah diatas lahan perkebunannya sendiri, akibatnya jarak antara rumah satu dengan yang lain saling berjauhan.

Kepala Desa Mataosu Ujung, Rudianto yang ditemui mengatakan bahwa jumlah warga di desanya yang terdaftar sebagai penerima bantuan tersebut sebanyak 59 orang dengan kriteria adalah warga yang tidak memiliki rumah layak huni. Mereka kata Rudi, rencana akan dipindahkan ke lokasi permukiman yang telah disediakan oleh Pemerintah. Tujuannya agar permukiman masyarakat yang sebelumnya saling berjauhan, kini bisa selain berdekatan. Selain itu dengan cara ini Pemerintah Desa juga akan lebih cepat dan mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saat ini program KAT di desa ini sudah mulai berjalan dengan kegiatan penyediaan material kayu perumahan yang mulai dikerjakan. Sementar untuk lokasi perumahan yang kita sediakan juga sudah standbay untuk dikerjakan. Insya Allah dengan selesainya program KAT di Mataosu Ujung, desa ini akan berubah menjadi sebuah desa ramai dengan permukiman penduduk yang telah terpusat disuatu tempat, dimana tempat ini akan dilengkapi dengan fasilitas air dan olahraga,”kata Kades yang baru berapa bulan dilantik ini.

Sementara itu, warga Mataosu Ujung, Sulkarnaen merasa cukup bersyukur dengan adanya program KAT di desanya itu. Sebab kata dia, dengan adanya program ini, tempat tinggalnya yang saat ini berada di tengah kebun dengan jarak rumah warga yang saling berjauhan, kini sudah bisa berdekatan.

“Kalau sekarang bisa dikatakan kami tinggal sendiri di tengah hutan meskipun letaknya ditengah kebun kami. Namun dengan jika nantinya kami sudah tinggal berdekatan maka akan banyak manfaat yang bisa kami dapatkan, utamanya masalah pelayanan kesehatan dan pendidikan untuk anak kami,”kata Sulkarnaen.

Sejak dimekarkan dari desa induknya tahun 2012 silam, Desa Mataosu Ujung dihuni sebayak 156 Kepala Keluarga atau lebih dari 600 jiwa jumlah penduduk. Dengan berjarak berkisar 60 Km dari ibu kota Kecamatan Watubangga atau sekitar 140 km dari ibu kota Kabupaten Kolaka, desa ini merupakan Desa paling ujung Kabupaten Kolaka yang berbatasan dengan Desa Tanggeau, Desa Plasma Jaya, Desa Mataosu, Desa Morengke Kabupaten Bombana, Desa Awiu Kabupaten Koltim. Dengan luas wilayah sekitar 8000 m2, sekitar 20 km panjang jalan poros desa ini hingga kini belum sedikitpun tersentuh tersentuh dengan proyek perbaikan. Hal ini pula menyulitkan warga dalam memobilisasi hasil perkebunannya untuk diangkut keluar daerah untuk dipasarkan. (m3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top