KPU Kolut Jaring PPK dan PPS – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

KPU Kolut Jaring PPK dan PPS

SAMSUNG CSC

KOLAKA POS, LASUSUA – Sejak 21 Juni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara mulai menjaring Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan akan berakhir hari ini (27/6).
Ketua KPU Kolaka Utara Asriadi Budiman mengatakan, bahwa perekrutan PPK tahun ini ada perbedaan dengan tahun sebelumnya di persyaratan administrasi yakni PPK tidak perlu lagi melampirkan SKCK.
“sekarang dalam proses penerimaan berkas calon PPK dan PPS, untuk persyaratan ada perbedan dari tahun sebelumnya yakni untuk PPK tidak ada lagi persyarakatan SKCK dan surat keterangan berkelakuan baik,”katanya.
Lebih lanjut dia menuturkan bahwa untuk PPK mendaftar langsung di KPU sementara PPS mendaftar langsung ke Desa masing-masing, pasalanya untuk PPS itu berdasarkan PKPU Nomor 8 Tahun 2015 dan Desa nantinya mengusulkan Minimal Enam nama atas kesepakatan dewan desa yang terdiri dari Kepala Desa, BPD dan Sekretaris Desa.
“Dewan Desa sedikitnya menguslkan 6 Nama ke KPU yang nantinya akan diseleksi oleh KPU dan setiap Desa nantinya memiliki Tiga anggota PPS sementara untuk PPK Lima Orang di setiap kecamatan yang akan diterima,”terangnya.
Sementara tahapan seleksi kata Asriadi setelah pendaftaran akan dilakukan seleksi berkas, kemudian hasil seleksi akan di umumkan dan menunggu tanggapan masyarakat selam 20 Hari. “Pengumuman tanggal 1, setelah itu akan dilakukan tes tertulis, setelah itu tes wawancara dan akan di umumkan pada 27 Juli,”Pungkasnya.
Sementara itu Ditempat yang sama Salah satu komisioner KPU Sumardi menegaskan bahwa dalam penjaringan PPK dan PPS kedepanya KPU akan selektif melakukan selesksi tidak akan ada sistem nepotisme di dalamnya agar nantinya melahirkan PPK dan PPS yang berkwalitas.
“Kita dalam perekrutan PPK dan PPS tidak ada sistem titip-tipti kalau ada yang kami temukan langsung kami coret dari peserta dan kita harapkan yang lolos nantinya adalah orang-orang yang berkwlaitas dan lulus dengan kemampuanya sendiri,” katanya. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top