Deker Jebol, Jalan di Tanggetada Macet – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Deker Jebol, Jalan di Tanggetada Macet

Pengendara harus berhati-hati melewati lokasi deker yang jebol di desa Tanggetada.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Deker yang ada di desa Tanggetada, kecamatan Tanggetada, kabupaten Kolaka, jebol beberapa minggu yang lalu, akibat gerusan air sungai. Akibatnya, ruas jalan di wilayah itu mengalami kemacetan. Pasalnya, deker tersebut berada di jalur lintas provinsi, yang merupakan satu-satunya akses penghubung, antara kabupaten Kolaka dan Bombana.
Rusli warga desa Tanggetada kecamatan Tanggetada menjelaskan, jebolnya gorong-gorong jalan provinsi tersebut, terjadi sekitar sebulan yang lalu. Meski ada tanda pengerjaan jembatan, namun masyarakat sekitar menilai pengerjaannya masih lambat.
”Masalahnya pemerintah terlalu lambat memperbaiki, kalau lewat di sini kadang harus antri karena nda ada jalan lain,” ungkapnya saat ditemui di Tanggetada.
Antrian panjang terlihat ketika hujan mengguyur Tanggetada, sebab selain kendaraan roda dua yang tidak bisa melintas, kendaraan toda empat, enam hingga truk besar kontainer tidak bisa melibtas akibat arus air. ”Kalau hujan maka terjadi antrian panjang kendaraan mencapai satu kilo, kerusakannya sudah ada sekitar satu bulan,” ujarnya.
Dia berharap kepada pemerintah, agar pengerjaan dekker dipercepat sebagai jalur lintas mudik lebaran 2016. ”Apalagi menghadapi lebaran, kendaraan pastinya meningkat melintasi jalur ini, karena jalan provinsi menghubungkan Kolaka- Bombana. Kalau dari Bombana juga, satu satunya akses menuju Bandara Tanggetada kolaka,” tandasnya.
Senada hal itu juga disampaikan oleh Anzar, warga Hakatotobu kecamatan Pomala, yang setiap harinya melintasi jalur tersebut untuk mengajar di Tanggetada. Menurutnya, rusaknya jalan tersebut diakibatkan oleh derasnya air hujan yang melewati deker, sementara saluran dekker sangat kecil sehingga tidak mampu membendung luapan air hujan.
”Kalau seperti ini seharusnya cepat ditangani, karena jalur provinsi dan bukan hanya kendaraan biasa yang lewat, alat besar juga sering melintasi jalur ini,” ungkapnya.
Dia berharap, agar pemerintah sebisa mungkin mencarikan solusi cepat, agar sekalipun hujan mengguyur Tanggetada, jalur tersebut bisa dilalui kendaraan. ”Kalau pemerintah bisa dicarikan solusi, buatkan jembatan sementara. Agar sekalipun hujan kendaraan bisa lewat, tapi kalau sekarang ini setiap hujan, maka harus ditunggui dulu air surut baru bisa lewat kendaraan,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top