Petani Diminta Terapkan Tanam Padi Jajar Legowo – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Petani Diminta Terapkan Tanam Padi Jajar Legowo

foto petaniKOLAKA POS, KOLAKA – Petani Kolaka dihimbau agar menanam dengan menggunakan tanam padi jajar legowo. Pasalnya,
berdasarkan hasil penelitian, tipe terbaik untuk mendapatkan prduksi gabah tertinggi dicapai oleh legowo empat banding satu.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan La Ramuli mengatakan, jajar legowo adalah cara tanam padi sawah yang memiliki beberapa barisan tanaman kemudian diselingi oleh 1 baris kosong dimana jarak tanam pada barisan pinggir setengah kali jarak tanaman pada baris tengah.

Lanjut La Ramuli Jarak tanam untuk padi seperti varietas unggul cukup dengan jarak 20 senti meter sedangkan untuk varietas padi yang punya penampilan lebih lebat dan tinggi perlu diberi jarak tanam yang lebih lebar misalnya antara 22,5 – 25 cm. “Kalau di Kolaka ini tanahnya subur perlu diberi jarak tanam yang lebih lebar misalnya 22,5 cm atau pada tanah yang sangat subur jarak tanamnya 25 cm. Pemilihan ukuran jarak tanam bertujuan agar mendapat hasil yang optimal,” ujarnya.

Rekayasa teknik tanam padi dengan cara tanam Jajar Legowo dua banding satu atau empat banding satu. Berdasarkan hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan produksi padi sebesar 12-22 persen. “Disamping itu sistem Legowo yang memberikan ruang yang luas (lorong) sangat cocok dikombinasikan dengan pemeliharaan ikan (mina padi Legowo),” katanya.

Tujuan perlakuan jajar legowo adalah memanfaatkan sinar matahari bagi tanaman yang berada pada bagian pinggir barisan. Semakin banyak sinar matahari yang mengenai tanaman, maka proses fotosintesis oleh daun tanaman akan semakin tinggi sehingga akan mendapatkan bobot buah yang lebih berat. “Intinya adalah mengurangi kemungkinan serangan hama, terutama tiku Pada lahan yang relatif terbuka, hama tikus kurang suka tinggal di dalamnya.Menekan serangan pen Pada lahan yang relatif terbuka, kelembaban akan semakin berkurang, sehingga serangan penyakit juga akan berkurang,” katanya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top