Bank Mustika Kolaka Dilikuidasi, OJK Sultra Benarkan Bank Mustika Kolaka Ditutup, Semua Nasabah Dijamin LPS – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Bank Mustika Kolaka Dilikuidasi, OJK Sultra Benarkan Bank Mustika Kolaka Ditutup, Semua Nasabah Dijamin LPS

Suasana di depan Bank Mustika Utama Kolaka, meski sudah resmi ditutup OJK aktifitas di bank tersebut masih terlihat normal. Foto : Ld Kaulia/ Kolaka Pos

Suasana di depan Bank Mustika Utama Kolaka, meski sudah resmi ditutup OJK aktifitas di bank tersebut masih terlihat normal.
Foto : Ld Kaulia/ Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Di tengah persaingan bank-bank negeri maupun swasta, tiba-tiba menyeruak kabar bahwa Bank BPR Mustika Kolaka ditutup, karena mengalami Likuidasi.

Resminya Bank BPR Mustika Utama Kolaka tidak beroperasi lagi alias ditutup 20 Juni 2016. Pencabutan izin usaha bank yang berlokasi di Jl. Khairil Anwar No. 17 Kolaka itu sesuai informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Keputusan Dewan Komisioner (KDK) Nomor: 10/KDK.03/2016 tentang Pencabutan Izin Usaha PT BPR Mustika Utama Kolaka.

Dengan dikeluarkannya KDK pencabutan izin usaha tersebut, maka Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan menjalankan fungsi sebagai
penjaminan dan melakukan proses likuidasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004. “Semua uang nasabah Bank BPR Mustika Kolaka akan dijamin LPS,” kata Ahmad Djailani, humas OJK Sulawesi Tenggara saat dikonfirmasi masalah Likuiditas bank Mustika Utama Rabu (22/6), di Kendari.

Menurut Djailani, penutupan Bank BPR Mustika Kolaka itu sudah ada melalui siaran pers yang diumumkan secara online melalui situs resmi OJK di www.ojk.go.id Senin (20/6). Dalam siaran persnya, Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan mengatakan, dalam rangka pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah PT BPR Mustika Utama Kolaka, LPS akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya untuk menetapkan simpanan yang layak dibayar dan tidak layak dibayar.

Rekonsiliasi dan verifikasi dimaksud akan diselesaikan LPS paling lama 90 hari kerja sejak tanggal pencabutan izin usaha.
Masih bunyi siaran persnya, dalam rangka likuidasi PT BPR Mustika Utama Kolaka, LPS mengambilalih dan menjalankan segala hak dan wewenang pemegang saham termasuk hak dan wewenang RUPS.

Dijelaskannya, LPS sebagai RUPS PT BPR Mustika Utama Kolaka akan mengambil tindakan-tindakan seperti membubarkan badan hukum bank, membentuk tim likuidasi, menetapkan status bank sebagai “Bank Dalam Likuidasi”, dan menonaktifkan seluruh Direksi dan Dewan Komisaris.

Selanjutnya, hal-hal yang berkaitan dengan pembubaran badan hukum dan proses likuidasi PT BPR Mustika Utama Kolaka akan diselesaikan oleh Tim Likuidasi yang dibentuk LPS. Pengawasan atas pelaksanaan likuidasi PT BPR Mustika Utama Kolaka tersebut akan dilakukan oleh LPS. “LPS menghimbau agar nasabah PT BPR Mustika Utama Kolaka tetap tenang dan tidak terpancing atau terprovokasi untuk melakukan hal-hal yang dapat menghambat proses pelaksanaan penjaminan dan likuidasi PT BPR Mustika Utama Kolaka serta kepada karyawan PT BPR Mustika Utama Kolaka diharapkan tetap membantu proses pelaksanaan penjaminan dan likuidasi tersebut,” tandas Fauzi dalam siaran pers OJK di Jakarta.

Lebih jauh Ahmad Djailani mengatakan, penutupan Bank BPR Mustika Utama Kolaka karena bank tersebut dianggap sudah tidak sehat sejak tahun lalu. Selain itu, Bank BPR Mustika Kolaka sudah masuk pada status dalam pengawasan khusus sejak tanggal 27 November tahun 2015 silam. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku OJK sudah memberikan kesempatan selama 180 hari terakhir hingga tanggal 24 Mei tahun 2016 guna melakukan upaya penyehatan yang nyata. “Namun hingga batas waktu yang ditentukan Bank BPR Mustika Utama Kolaka tidak melakukan langkah-langkah penyehatan sesuai instruksi OJK, ” tutur Djailani.

Dikatakan, sesuai aturan maka BPR Mustika Kolaka harus ditutup. Dia menghimbau nasabah Bank BPR Mustika Utama Kolaka tidak perlu khawatir dengan uang tabungan mereka, karena LPS menjamin akan memproses sesuai aturan yang berlaku. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top