Tak Rampungkan LPJ, Dana BOS Akan Ditahan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Tak Rampungkan LPJ, Dana BOS Akan Ditahan

KOLAKA POS, UNAAHA – Warning bagi ratusan sekolah baik sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, yang ada di Konawe. Pasalnya, sanksi bakal diberikan jika laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) tidak rampung.
Kepala Seksi Perencanaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe, Tira Liambo mengungkapkan, ada beberapa sekolah di Konawe yang terlambat dicairkan dana Bantuan operasional Sekolahnya.
“Jadi kendalanya itu karena kepala sekolah baik SD, SMP dan SMA, belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan BOS tahun lalu dan ini menjadi temuan BPK,” katanya.
Selain itu, dari tiga jenjang sekolah tersebut, SD yang paling banyak dicancel dana BOS-nya, hal ini karena banyak kepala sekolah tidak memahami cara membuat laporan pertanggung jawaban, yang pada akhirnya keterlambatan penyetoran pertanggungjawaban BOS, berdampak pada terlambatnya sekolah menerima BOS-nya.
“Kepala sekolah di Konawe kurang paham masalah administrasi, akhirnya laporanya terlambat. Biasanya mereka menyuruh orang mengerjakannya biar cepat, yang pastinya jika belum disetor laporan penggunaan sekolah tidak akan terima dana BOS-nya,” tutur Tira.
Jika hingga batas yang ditetapkan, sekolah tidak juga melaporkan penggunaan anggaran sekolah, maka besar kemungkinan sekolah akan dihentikan selama satu tahun.
“Ada peraturanya jika sekolah tidak menyelesaikan laporannya hingga batas waktu, maka sekolah akan dihentikan dana BOS-nya sampai satu tahun lamanya,” tutupnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top