Ganti Rugi Pasar Tirawuta Tunggu Hasil Analisis Appraisal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Ganti Rugi Pasar Tirawuta Tunggu Hasil Analisis Appraisal

Kabag Pemerintahan Sekretariat Pemkab Koltim M.Ichlas saat memperlihatkan berkas yang akan di kirim pada pihak Appraisal untuk di analisis guna menentukan nominal ganti rugi lahan masyarakat desa poni-poniki yang terkena lokasi pembangunan pasar kecamatan Tirawuta.FOTO : La Inga/Kolaka Pos

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Meski sudah menetapkan Desa Poni-poniki sebagai pusat atau lokasi pembangunan pasar tingkat Kecamatan Tirawuta, namun hingga kini pemerintah kabupaten belum bisa memberikan gambaran untuk ganti rugi lahan masyarakat yang terkena lokasi pembangunan pasar yang luasnya mencapai kurang lebih sekitar dua hektar.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kolaka Timur, M. Ichlas mengatakan, belum ditetapkannya ganti rugi lahan karena masih menunggu hasil analisis, pengkajian maupun penilaian dari badan independen, yakni Appraisal. Di mana, pihak Appraisal akan memberikan penilaian atau suatu estimasi berdasarkan hasil analisis terhadap fakta-fakta yang obyektif dan relevan dengan menggunakan metode, parameter dan prinsip-prinsip penilaian yang berlaku.

“Makanya, hari ini (kemarin-red) kita akan bermohon pada pihak Appraisal untuk segera memberikan penilaian. Sebab, persyaratannya kami sudah penuhi, termasuk salah satunya SK bupati sudah ada,” ungkapnya.

Untuk itu katanya, pihaknya saat ini belum bisa mengada-ngada terkait nominal ganti rugi lahan tersebut. Sebab, masih menunggu hasil penilaian dari pihak Appraisal yang kantor pusatnya berada di Solo. Tapi, di Kota kendari ada perwakilannya. “Paling lambatlah 15 hari sudah ada jawabannya sejak surat permohonan sudah di terima.Yang jelas, kalau sudah ada hasil dari Appraisal,kita akan selesaikan secepatnya untuk ganti ruginya lahan masyarakat,” tuturnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top