Tim Satgas TNI AL Scanning Ulang Hasil Ledakkan Ranjau – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Tim Satgas TNI AL Scanning Ulang Hasil Ledakkan Ranjau

Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi.

KOLAKA POS, KENDARI – Setelah berhasil melakukan peledakkan ranjau di Teluk Kendari, selama tiga hari (18-20/6) untuk 15 titik, tim Satuan Tugas (Satgas) penindakan melawan ranjau Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL), akan melakukan scanning ulang lokasi ledakkan ranjau tersebut.
Danlanal Kendari Aris Harijadi menerangkan, untuk pembersihan ranjau di Teluk Kendari kalkulasi kegiatan selama 7 hari hingga 8 hari, dan untuk kegiatan peledakan sudah selesai, dengan hasil 15 titik yang telah diselesaikan sesuai dengan hasil survei. Selanjutnya untuk sisa hari berikutnya, akan dilakukan pengecekkan ulang hasil kegiatan ledakan yang dilaksanakan.
“Jadi, yang diledakkan kemarin (Senin, red) oleh tim Satgas, jenis ranjau dan bom laut yang fungsinya sama-sama untuk menghancurkan kapal, terutama kapal-kapal militer, dan keduanya ranjau dan bom laut itu disimpan di dasar laut,” jelasnya.
Menurutnya, tujuan dari scanning tersebut, untuk menindaklanjuti efek peledakan yang dilakukan, dan untuk memastikan ranjau itu sudah hancur.
“Kita menggulang kembali kegiatan, tapi bukan dalam tahap peledakkan ulang, tetapi akan dilakukan cek ulang hasil kegiatan peledakan ranjau di lokasi yang sudah ditentukan, akan dilakukan pengecekkan untuk mengetahui apakah masih ada hal-hal yang bisa membahayakan, dalam hal ini ranjau yang masih tertinggal,” katanya saat ditemui di ruangannya, Selasa (21/6).
Aris Harijadi menambahkan, akan melakukan pengecekkan di area peledakkan ranjau yang telah ditentukan sesuai kesepakatan antara TNI AL dangan pihak Pemerintah Provinsi, kalau betul-betul area itu clear, baru akan dilaporkan ke pihak Pemerintah Provinsi.
“Kita kan melakukan pembersihan ranjau, kita lakukan hanya di titik lokasi pembangunan jembatan saja, dan untuk tempat lain kalau dipeta kita, peta nasional, peta laut itu ada, mereka berupa satu area satu kawasan, tulisan dipeta itu, bahwa disini daerah ranjau, untuk titik-titiknya perlu untuk scanning ulang,” terang perwira berpangkat tiga melati dipundaknya.
Lanjutnya, untuk peledakkan sudah dinyatakan selesai, sisa hari berikutnya dalam taraf cek ulang hasil pekerjaan sebelum peledakan ranjau. Setelah pembersihan ranjau dan scanning selesai, untuk pembangunan selanjutnya nanti kontraktor dari jembatan Bahteramas yang akan bekerja sampai jembatan rampung. (k1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top