Pasar Kecamatan Tirawuta Berpusat di Desa Poni-poniki – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Pasar Kecamatan Tirawuta Berpusat di Desa Poni-poniki

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Lokasi penempatan pasar Kecamatan Tirawuta yang menggunakan anggaran dari pemerintah pusat yang mencapai sekitar enam miliar rupiah terjawab sudah. Pasalnya, pemerintah Kabupaten sudah menetapkan Desa Poni-poniki sebagi pusat atau lokasi pembangunan pasar, tepatnya di belakang eks kantor Dinas Kehutanan Kabupaten Kolaka Timur. Hal itu di beberkan langsung oleh Kadis Perindakop Kabupaten Kolaka Timur, Sahibo kepada wartawan koran ini kemarin.
Mantan kepala BPMD Kabupaten Kolaka Timur ini juga mengatakan, untuk lokasi yang di siapkan seluas dua hektar. Sayangnya, Sahibo tidak mengetahui secara persis total ganti rugi lahan milik masyarakat tersebut. Sebab, yang mengetahui secara persis adalah pemerintah Kabupaten.
“Kalau itu saya kurang tahu. Sebab, bukan bidang saya. Namun secara pastinya, untuk ganti rugi lahan masyarakat sudah tidak ada masaalah,” tuturnya.
Ia juga mengatakan, sebagai bentuk keseriusan akan adanya pasar kecamatan yang di pusatkan di desa poni-poniki, beberapa tahapan saat ini sudah selesai di lakukan. Misalnya tahap perencanaan dan lelang perencanaan telah selesai. Begitu juga dengan tahapan lainnya, saat ini sementara berlangsung.
“Yang jelas, pembangunan pasar Kecamatan Tirawuta harus selesai tahun ini,” katanya.
Untuk itu katanya, semoga dengan adanya pasar kecamatan nanti bisa meningkatkan penghasilan masyarakat Koltim. Begitu juga dengan peningkatan pendapatan daerah. Selain itu, hasil pertanian yang bisa di pasarkan lebih muda dan terciptanya kesejahteraan masyarakat Koltim nantinta.
Sebelumnya, Bupati Kabupaten Kolaka Timur Tony Herbiansyah mengatakan, pasar yang akan dibangun menggunakan dana APBN yang berasal dari Kementrian Koperasi. “Pasar Kecamatan Tirawuta itu anggarannya mencapai Rp6 M,” ungkapnya.

Ia juga berharap, semoga dengan kehadiran pasar tersebut, bisa meningkatkan roda perekonomian yang ada dimasyarakat Koltim secara keseluruhan. Begitu juga dengan hasil-hasil produksi pertanian dan perkebunan maupun sektor lainnya bisa berkembang dengan pesat. Utamanya, hasil pertanian dan perkebunan bisa menambah nilai jual khususnya kepada para petani demi terciptanya kesejahteraan. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top