Kelompok Tani Diminta Semangat Kelola Pertanian – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Kelompok Tani Diminta Semangat Kelola Pertanian

Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian,Perikanan dan Kehutanan Kolaka La Ramuli.FOTO : Dadang KoP

KOLAKA POS, KOLAKA – Motivasi merupakan sebuah dorongan yang muncul dari dalam diri manusia untuk melakukan sesuatu. Untuk itu, warga Kolaka diminta tetap semangat dalam mengelola pertanian.
“Semakin tinggi motivasi anggota kelompok tani dalam kegiatan usahatani, maka eksistensi kelompok tersebut akan terjaga. Hal tersebut dikarenakan adanya motivasi untuk memperoleh hasil pertanian yang baik, akan mendorong seseorang untuk terus berkarya dalam kelompok tani,” kata Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian,Perikanan dan Kehutanan Kolaka La Ramuli.

Lanjut ia mengatamakan kelompok tani sebagai wadah organisasi dan bekerja sama antar anggota mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat tani, sebab segala kegiatan dan permasalahan dalam berusaha tani dilaksanakan oleh kelompok secara bersamaan. “Melihat potensi tersebut, maka kelompok tani perlu dibina dan diberdayakan lebih lanjut agar dapat berkembang secara optimal dan mendukung pembangunan pertanian yang ada di Kolaka,” ujarnya

Penyuluh lebih berperan sebagai pemberi informasi kepada petani, dimana semakin tinggi intensitas penyuluhan dan sesuainya informasi yang dibutuhkan petani akan membuat petani bertahan dalam kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannnya. “Metode penyuluhan kelompok lebih menguntungkan karena akan terjadi umpan balik yang dapat meminimalkan salah pengertian antara penyuluh dan petani dalam penyampaian informasi,” Kata La Ramuli

Dalam metode ini interaksi yang timbul antara petani dan penyuluh akan lebih intensif. “Dalam metode ini petani diajak dan dibimbing secara berkelompok untuk melaksanakan kegiatan yang lebih produktif atas dasar kerja sama. kelompok tani dinilai efektif,” tambahnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top