Waspadai Ayam Tiren – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Waspadai Ayam Tiren

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Mengantisipasi terjadinya penjualan daging ayam tirem atau ayam yang sudah mati sebelum dilakukan pemotongan di beberapa pasar yang ada di Kabupaten Kolaka Timur, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Kolaka Timur telah menggandeng berbagai pihak. Di antaranya, Dinas pertanian dan peternakan, Dinas Kesehatan maupun instansi terkait lainnya yang membidangi serta tim gabungan lainnya.

“Semuanya itu kita gandeng untuk secara bersama-sama melakukan pengawasan di lapangan, jangan sampai terjadi,” ungkap Kadis Perindakop Kabupaten Kolaka Timur Sahibo kepada wartawan koran ini kemarin.

Ia juga mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya ayam tirem yang beredar di pasaran. Begitu juga dengan yang menggunakan bahan pengawet atau formalin. Meski demikian, pihaknya terus melakukan pemantauan di lapangan. Mengingat, kebutuhan masyarakat akan daging ayam sangat meningkat mulai bulan suci ramadhan hingga pada puncak hari raya idul fitri.

“Makanya, saat ini kami selalu intens melakukan pengawasan. Bahkan petugas yang ada di lapangan selalu memberikan informasi di tingkat kabupaten,” katanya.

Untuk itu kata matan Kepala BPMD Kabupaten Kolaka Timur ini, jika ada yang di temukan para pedagang yang melakukannya, maka sanksi tegas akan menanti. Bahkan bisa saja untuk dipidanakan. “Kalau ada yang di temukan, pasti akan dikenakan sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya. Pidana bisa saja terjadi,” tuturnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top