Jelang Lebaran Dinas Peternakan Pantau Kelayakan Daging Sapi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Jelang Lebaran Dinas Peternakan Pantau Kelayakan Daging Sapi

KOLAKA POS, KOLAKA – Jelang Idul Fitri, sering dijumpai daging sapi yang tidak layak konsumsi beredar dipasaran. Tim dinas Peternakan Kolaka akan bekerjasama dengan tenaga teknis untuk memantau dan memeriksa kondisi daging sapi di pasaran.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan Kolaka, Ansar menjelaskan, hingga saat ini, belum ada lonjakan berarti jumlah sapi yang dipotong yakni tiga sampai empat ekor tiap hari. Pemantauan daging sapi yang beredar dipasaran akan dilakukan dalam mingu terakhir ramadhan. “Untuk memantau dan memeriksa daging sapi yang layak dan tidak layak konsumsi, maka kami akan langsung turun ke pasar sekitar satu minggu sebelum lebaran karena pedagang daging sapi pasti sudah ramai,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya kemarin (20/6).

Ansar menegaskan, untuk saat ini belum menemukan daging sapi yang tidak layak konsumsi. Tapi ia tetap meminta warga selektif dalam memilih daging sapi agar terhindar dari gdaging sapi busuk maupun yang menggunakan pengawet seperti formalin. “Khusus Kolaka dan sekitarnya, daging sapi yang beredar dipasaran semua masih segar. Untuk saat ini kami belum menemukan daging sapi yang sudah tidak layak konsumsi bahkan yang mengandung formalin karena semua pemotongan sapi dipusatkan di satu tempat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, saat ini sapi yang dipotong di umah potong, masih milik pribadi warga. Hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor pemicu melonjaknya harga daging sapi. Utamanya, ketika pemilik sapi dengan sengaja menaikkan harga sapinya. “Kami berharap agar ada kerjasama dari Dinas Perdagangan untuk memantau harga di pasar dan menekan kenaikan, karena kami dari Dinas Peternakan hanya menyediakan stok saja, sehingga kami tidak berhak memutuskan harga daging sapi,” tutupnya. (p3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top