Baznas Konawe Tetapkan Zakat Rp26 Ribu – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Baznas Konawe Tetapkan Zakat Rp26 Ribu

KOLAKA POS, UNAAHA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Konawe telah menetapkan besaran zakat fitrah pada ramadhan tahun ini sebesar Rp 26.250 itu setara dengan 3,5 liter dalam bentuk beras untuk perorang.

Kepala Bagian Penyelenggara Syariah Kemenag Konawe, Hj. Siti Samsinar mengatakan, hasil zakat fitrah tahun ini di tentukan usai menggelar rapat bersama beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tahun ini jumlah zakat mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu, hal ini karena harga pangan yakni beras di Konawe berdeda-beda

” Sesuai hasil kesepakatan dalam rapat, harga beras itu sekitar Rp 7000 hingga Rp 7500. Bahkan ada yang seharga Rp600. Jadi dari harga tersebut maka kita ambil harga standar atau ditengahnya yakni Rp6250, untuk itu jika diakumulasikan maka zakat fitrah tahun ini sebesar Rp. 26.250 sementara tahun lalu zakat fitrah di konawe yakni Rp. 27.000 dengan harga beras di kisaran Rp7500 per liternya,” ujarnya.

Ia menambahkan, besaran zakat tersebut tidak menjadi patokan kepada orang yang mengonsumsi beras dengan harga di atas Rp. 7500 perliternya, jadi takaran saat zakat jika menggunakan beras dengan harga Rp7500 tetap 3, 5 liter hitungannya.

“Karena harga pangan berbeda-beda di Konawe, maka tidak menutup kemungkinan orang yang mengkonsumsi beras dengan harga di atas maka zakatnya tetap terhitung 3,5 liter beras,” tuturnya

Penetapan jumlah zakat di Konawe lanjut Siti, telah disampaikan ke setiap kecamatan, kelurahan dan desa, agar di laksanakan pengumpulanya. Sehingga bisa diserahkan ke umat muslim yang akan melakukan zakat fitrah diharapkan untuk segera melakukan zakat agar pembagiannyanati tidak repot dilaksanakan.

“Hasil rapat penetapan zakat sudah di sampaikan ke wilayah kelurahan dan kecamatan nanti kecamatan sampaikan ke desa, kita harapkan pengumpulan zakat dapat langsung berjalan agar saat pembagian tidak bertepatan saat shalat Id, untuk umat muslim yang hendak menzakatkan dirinya ke fakir itu di perbolehkan namun kami harapkan agar di zakatkan saja ke panitia pengumpul zakat agar kami bisa data jumlah zakat di konawe,” tandasnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top