Agustus, DKP Sebar Bibit Ikan dan Udang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Agustus, DKP Sebar Bibit Ikan dan Udang

Net/Ilsutrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Kuarter ketiga tahun ini akan membawa berkah pada para pertani tambak dan pembudidaya ikan air tawar. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mendapat alokasi belanja bibit ikan dan udang vaname sebesar Rp150 juta. Bibit tersebut nantinya akan disalurkan kepada petani tambak dan pembudidaya.

Kepala Bidang Budidaya DKP Kolaka, Umar Sakka mengatakan anggaran Rp150 juta tersebut akan digunakan membeli benih atau bibit udang Vanname 750 ribu ekor, bibit ikan lele 5 ribu ekor dan bibit ikan kerapu sebanyak 6 ribu ekor. “Saat ini kami masih melakukan lelang, Agustus atau September Insya Allah sudah kami salurkan ke petani pembudidaya di Kolaka,” ujarnya.

Lanjut Umar, distribusi bantuan akan di sebar ke seluruh kecamatan di Kolaka. Namun DKP akan memprioritaskan kecamatan yang masuk dalam kawasan minapolitan. “Walaupun distribusi bibit akan disebar ke 12 kecamatan, namun ada tiga kecamatan yang akan menjadi prioritas yaitu kecamatan Wundulako, Samaturu dan Wolo. Jumlah yang akan didapatkan oleh petani beragam sesuai dengan proposal dan hasil peninjauan dari DKP Kolaka,” katanya.

Ia mengharapkan bibit yang akan dibagi, dapat menjadi modal awal penerima bantuan untuk penebaran bibit selanjutnya. “Kan masih banyak masyarakat yang mau dibantu, jadi yang sudah dapat yah harus bisa mandiri kemudian yang belum dapat, sabar, insyaalah masih ada hanya butuh waktu saja,” tambah Umar. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top