Kades Wesalo: Kritikan Masyarakat Sifatnya Membangun, Anggap Perbaikan Drainase Sudah Sesuai RAB – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Kades Wesalo: Kritikan Masyarakat Sifatnya Membangun, Anggap Perbaikan Drainase Sudah Sesuai RAB

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Hingga kini pencairan alokasi dana desa (ADD) di Kolaka Timur, sudah mencapai 85 persen. Menurut, Kepala Bidang Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Irwan, desa yang belum menerima ADD karena belum merampungkan laporan pertanggunjawabannya.
Namun, ADD yang bersumber dari APBN itu disinyalir banyak disalahgunakan. Seperti tudingan warga desa Wesalo, yang menyatakan bahwa ADD di desa tersebut disalahgunakan.
Menanggapi tudingan warganya, kepada desa Wesalo Yasim menjelaskan, dana desa yang dialokasikan ke desanya sudah digunakan untuk pembangunan jalan usaha tani sepanjang 134 meter dan perbaikan drainase.
“Kami memang perbaiki drainase yang sudah rusak. Bagaimana mau tidak rusak, kalau drainase umurnya sudah delapan tahun. Sehingga dari dasar itulah, ada sepihak masyarakat yang mengkritik pembangunan ini, termasuk pembuatan jalan usaha tani juga dikritik. Saya menganggap kritikan masyarakat adalah suatu kritikan yang sifatnya membangun daerah,” ungkapnya.
Yasin menambahkan, pembuatan Jalan Usaha Tani sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dilaporkan ke BPMD.
“Untuk pembuatan Jalan Usaha Tani tentunya sangat memerlukan tanah timbunan, untuk itu sebelum ditaburkan Tasirtu (tanah, pasir, batu, red) terlebih dahulu dilakukan penimbunan, dengan memakai tanah campur pasir, setelah rata penimbunan baru diberikan Tasirtu,” katanya.
Terpisah, ketua PPK desa Wesalo Wardi, membenarkan kalau pembuatan Jalan Usaha Tani di desa Wesalo, sudah sesuai RAB, termasuk perbaikan drainase yang rusak. Menurut Wardi, drainase yang saat ini sementara direhab adalah drainase yang dibangun 2008 lalu.
“Saya selaku ketua PPK berpendapat, perbaikan drainase sudah sesuai prosedur yang dilakukan, karena kalau dibiarkan air akan mengalir ke jalan,” tandasnya. (m2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top