Harga Buah Melonjak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Harga Buah Melonjak

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada sembilan bahan pokok (Sembako), namun juga pada buah-buahan di Kolaka.
Salah seorang pedagang buah Ani di Pasar Raya mekongga (PRM) mengatakan, selama memasuki bulan puasa ini harga buah juga mengalami kenaikan. “Kenaikan harga buah-buahan disebabkan banyaknya permintaan konsumen selama bulan suci ramadhan, terutama buah apel, melon dan semangka,” ungkapnya saat ditemui di PRM kemarin (17/6).

Ani menjelaskan, harga buah apel saat ini sangat tinggi dari harga sebelumnya. “Harga buah apel kami beli dari agen Rp850 ribu perdos, dimana harga sebelumnya hanya Rp650 ribu perdosnya. Karena kenaikan yang sangat tinggi sehingga kami seringkali sepi pembeli,” katanya.

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada buah melon dan buah semangka. “Harga buah melon sebelum naik hanya lima ribu perbuah, kini naik menjadi delapan ribu perbuahnya. Sedangkan harga semangka kini dijual Rp35 ribu perbuah padahal sebelumnya hanya Rp25 ribu perbuahnya,” tutur Ani.

Sementara itu, salah satu penjual es buah Sukma mengatakan, saat ini harga buah sangat tinggi dari tahun lalu. Meski demikian, ia tetap membelinya karena akan digunakan untuk membuat es. “Walaupun harganya mahal, namun kami tetap beli karena buah merupakan campuran pembuatan es buah. Untuk menutupi kemahalan harga buah yang naik, kami juga mencampurkan dengan buah pepaya dan mengurangi sedikit porsinya. Apabila harganya yang kami naikkan pasti sepi pembeli karena harga jual es buah hanya lima ribu perporsinya,” tandasnya. (p3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top