Arus Mudik Lebaran, OPP Tingkatkan Pengawasan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Arus Mudik Lebaran, OPP Tingkatkan Pengawasan

Pintu masuk pelabuhan Kolaka-Bajoe.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Memasuki musim arus mudik lebaran tahun 2016, Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Kolaka, mulai meningkatkan pengawasan terhadap penumpang kapal Ferry, di pelabuhan Kolaka yang menghubungkan kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, dengan pelabuhan Bajoe kabupaten Bone Sulawesi Selatan.

Kepala OPP Kolaka Disan Jaya mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat beberapa tahun terakhir, penyeberangan rute pelabuhan Kolaka – Bajoe kerap terjadi musibah kapal tenggelam.

”Pengawasan ditingkatkan mengingat saat arus mudik lebaran, jumlah penumpang akan meningkat. Terlebih beberapa tahun belakangan, kerap terjadi kecelakaan pelayaran Kolaka-Bajoe,” ungkapnya.

Disan Jaya menjelaskan, pengawasan yang dimaksud meliputi batas Dispensasi, agar tidak melebihi kapasitas kapal. ”Serta melakukan pengawasan terhadap penumpang, yang tidak memiliki tiket,” ujarnya.

Sebab lanjut dia, hingga saat ini, tidak lagi ada alasan bagi penumpang, yang bebas memasuki kapal tanpa memiliki tiket. ”Sehingga mereka terdaftar, di dalam manifest penumpang kapal,” terangnya.

Olehnya itu, kepala OPP yang baru berdinas sejak 1 Juni kemarin, tidak mau kejadian serupa terulang pada, pelayaran rute Kolaka – Bajoe seperti musibah kapal Windu Karsa dan kapal cepat Marina Baru 2B. ” Demi kelancaran pengawasan ini, kami akan melakukan koordinasi dengan ASDP dan Syahbandar,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top