25.960 Warga Belum Miliki KTP Elektronik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

25.960 Warga Belum Miliki KTP Elektronik

KOLAKA POS, KOLAKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka masih harus bekerja keras untuk melayani pembuatan KTP elektronik. Pasalnya dari jumlah penduduk Kolaka yang wajib memiliki KTP elektronik (e-KTP) tahun ini mencapai 155.192 jiwa, namun baru 129.232 warga yang sudah memiliki e-KTP. Sedangkan sisanya 25.960 jiwa belum memiliki. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Data dan Pelaporan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kolaka, Muchtar Kepada Kolaka Pos.

Ia mengatakan, salah satu penyebab 25.960 orang itu belum memiliki KTP adalah jaringan yang kadang tidak mendukung. “Mengurus KTP-El itu bisa saja satu hari, tapi itu kalau jaringan baik. Sedangkan jika jaringan tidak bagus, pengurusannya bisa satu minggu bahkan lebih,” katanya.

Muchtar menambahkan, tahun ini pihaknya menargetkan 100 persen penduduk Kolaka sudah memiliki KTP-El. Sedangkan penduduk Kolaka yang baru memilikinya yaitu sekitar 85 persen. Olehnya itu, untuk mencapai target 100 persen, pihaknya melakukan mobile ke desa-desa pemekaran untuk melakukan pengurusan KTP. “Tahun ini kita akan turun ke desa-desa untuk mempercepat pengurusan KTP–El. Tidak hanya itu, kami juga mengurus kartu keluarga (KK) dan juga akte kelahiran karena biasa kalau desa pemekaran kalau KK nya bermasalah KTP nya juga diganti,” jelasnya.

Muchtar menuturkan, inisiatif warga Kolaka dalam pengurusan e-KTP cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari jumlah warga yang mengurus e-KTP setiap bulannya yang mencapai sekitar 300 orang. Meskipun cukup tinggi, ia tetap menghimbau kepada warga yang belum mengurus e-KTP untuk segera melakukan pengurusan. Sebab tanpa KTP, maka pengurusan administrasi yang dilakukannya tidak dapat berjalan lancar. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top