Zakat Fitrah Dibayar Tepat Waktu – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Zakat Fitrah Dibayar Tepat Waktu

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KENDARI – Kemarin (14/6)Pemerintah Kota Kendari bersama Kementerian Agama dan Badan Zakat Nasional Kota Kendari mengadakan rapat untuk membahas mengenai penentuan nilai zakat fitrah pada tahun ini (2016, red).

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Alamsyah Latunoni menuturkan bahwasanya berdasarkan hasil rapat yang telah dilaksanakan kemarin, telah disepakati seberapa besar jumlah pembayaran zakat fitrah. Dan pembayaran zakat fitrah dibagi dalam lima golongan.

Ketua Harian Baznas Kota Kendari, Alimuddin mengatakan bahwa penentuan jumlah besaran biaya zakat fitrah 1437 H tahun ini didasari oleh hasil survei harga makanan pokok di 6 lokasi pasar yang ada di kota Kendari.
Keenam lokasi pasar yang dimaksud yakni Pasar basah Mandonga, pasar Panjang, pasar Sentral kota, pasar Andounohu, pasar Bbaruga dan di supermarket.
Menurut dia berdasarkan data hasil survei dan rapat yang dilaksanakan kemarin, telah disepakati jumlah besaran biaya zakat fitrah 1437 H tahun 2016 di kota Kendari adalah sebagai berikut:
1. Golongan beras kualitas terbaik sebesar Rp.41.000,-/jiwa
2. Golongan beras super dan kepala sebesar Rp. 32.000,-/jiwa
3. Golongan beras ciliwung dan sejenisnya sebesar Rp. 29.000,-/jiwa
4. Golongan beras dolog sebesar Rp. 27.000,-/jiwa
5. Golongan untuk ubi, sagu dan jangung Rp. 20.000,-/jiwa.

Dikatakan, besaran biaya zakat fitrah disetarakan dengan 3,5 liter beras,” ungkap Sekertaris Pemkot pada awak media.

Dia menambahkan bahwa nilai zakat tahun ini lebih besar atau tinggi dibanding dengan tahun sebelumnya dikarenakan terjadinya kenaikan harga pasar juga inflasi yang terjadi di kota Kendari.

Alamsyah mengingatkan masyarakat kota Kendari dapat membayar zakat fitrah tepat waktu dan tidak perlu lagi menunggu dekat-dekat hari raya idul fitri. Cara ini dapat membantu penerima zakat untuk dapat menggunakan zakatnya tidak dengan terburu-buru karena proses pendistribusian zakat membutuhkan waktu. (P1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top