Pemkab Kolaka Gelar Sosialisasi Bahaya Penyakit Kusta – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Kolaka Gelar Sosialisasi Bahaya Penyakit Kusta

KOLAKA POS, KOLAKA – Guna mencegah penyakit kusta di kalangan masyarakat, pemerintah kabupaten Kolaka menggelar sosialisasi dan pelatihan singkat, dalam kegiatan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia, di Aula Sasana Praja, kemarin (15/6).
Bupati Kolaka Ahmad Safei mengatakan, penyakit kusta merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Untuk mengendalikan penyakit tersebut, Pemkab Kolaka telah melakukan berbagai langkah strategis, diantaranya melalui penyuluhan kesehatan serta mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi penderita kusta.
“Hal ini merupakan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan penanggulangan penyakit kusta. Permasalahan penyakit ini perlu perhatian kita semua, karena jika si penderita dibiarkan akan menyebabkan komplikasi penyakit, sehingga menyebabkan kecacatan dan kematian,” kata Safei.
Pada tahun 2015, Pemkab Kolaka mencatat angka prevalensi kusta yang mencakup penderita baru sebanyak 27 orang. Sedangkan untuk penyakit frambusia sampai saat ini belum ditemukan.
“Pemda Kolaka memiliki komitmen yang cukup besar dalam hal ini yang diwujudkan dengan dukungan operasional Puskesmas, pembenahan sarana dan fasilitas kesehatan serta peningkatan mutu SDM kesehatan dan pelayanan kesehatan,” ujarnya.
Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Sultra, Asrun Tombili mengatakan, kusta adalah penyakit kulit yang kadang disepelekan oleh sebagian warga, padahal stigma daripada penyakit kusta sangatlah tinggi, sehingga terkadang menyebabkan penderita mengucilkan diri dari lingkungannya.
“Saat ini pemerintah sangat pro aktif dalam mencegah penyakit kusta, jadi apabila ada masyarakat yang menderita penyakit kusta segera bawa ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pengobatan, karena obat yang disediakan bagi penderita penyakit kusta itu gratis,” ungkapnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top