Enam Paket PLTS Terpusat Dibagi ke Desa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Enam Paket PLTS Terpusat Dibagi ke Desa

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Pemkab Kolaka terus menggenjot pemenuhan kelistrikan hingga desa. Tahun ini, Pemkab Kolaka kembali mendapatkan enam paket pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari Kementerian ESDM. Enam paket PLTS tersebut senilai Rp37 miliar.

Bupati Ahmad Safei mengatakan hal tersebut merupakan salah satu langkah pemenuhan janjinya untuk peningkatan kelistrikan hingga ke desa. “Alhamdulilah kami sudah tepati sebagaian janji kami kepada masyarakat yang belum menikmati listrik. Tahun 2016 ini pemkab kolaka dapat lagi enam paket Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari kementerian Pertambangan dan Energi,” Ujar Safei.

Dari survei di lapangan, yang mendapat masalah listrik adalah di Kolaka bagian selatan mulai dari kecamatan Toari, Watubangga, Polinggona, Tanggetada. Namuan tahun sebelumnya pemerintah sudah memasang PLTS terpusat di tiga desa yaitu desa Anawua, Ranosangia kecamatan Toari dan Matausu kecamatan Watubangga. “Alhamdulilah saat ini kita dapat enam paket PLTS terpusat lagi. PLTS terpusat artinya PLTS yang di pasang pada satu titik dan nantinya energi akan di salurkan melalui instalasi ke rumah rumah masyarakat. Jadi kaca surya dan batrenya bukan ada di rumah rumah penduduk,” katanya.

Perencanaan penempatan bantuan PLTS itu di empat desa yaitu desa Lamoiko, Pondaipa, Pitudua masing masing satu paket dan desa Pesua Jaya dua paket. Namuan perencaan itu bisa berubah jika ada desa yang mengusulkan dan lebih membutuhkan lagi.”Jika daerah tersebut memiki potensi sumber daya air seperti sungai maka pemda Kolaka akan memberikan dalam bentuk Pembangkit Listrik Tenaga Air kecil kemudian jika daerah yang tidak punya potensi air maka kami akan buatkan PLTS, itulah salah satu perhatian pemerintah Kolaka kepada masyarakat,” ujarnya.

Lajut Safei bantuan kementerian ini PLTSnya dengan kapasitas 50 kva, bisa memberikan penerangan kepada lebih dari 200 kepala keluarga. Untuk yang pemasangan ditiga desa dulu itu kapasitasnya hanya 15 kva jadi hanya bisa menerangi 120 rumah saja. “Saya berharap kabupaten Kolaka setiap tahun ada peningkatan elektrifikasi yaitu terpenuhinya listrik di desa khususnya masyarakat yang tidak bisa menikmati listrik dari PLN. Bantuan ini insyaalah akan datang di Kolaka, karena saat 29 Februari lalu saya di undang langsung oleh oleh menteri ESDM untuk menyaksikan penandatangan kontrak antara PPK dan pemenag teder di jakarta. Hanya saat tanggal 29 saya menjadi inspektur upacara pada HUT Kolaka, jadi saya diwakili oleh Kepala dinas Pertambangan dan Energi (Ahmad Yani), kita sabar saja insyaalah bantuan itu akan datang di Kolaka,” tuturnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top