Stok Pangan Kolut Aman – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Stok Pangan Kolut Aman

KOLAKA POS, LASUSUA – Produksi pangan lokal saat ini dianggap mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok warga Kolaka Utara seperti pangan beras dan nabati mulai dari awal ramadhan hingga Idhul Fitri mendatang.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kolaka Utara menyatakan, berdasarkan pantauan saat ini baru saja musin panen padi walaupun sedikit mengalami penurunan produksi dibanding produksi sebelumnya, namun persiapan beras sangatlah cukup.

“Memang produksi perhaktar sawah ini turun dibanding sebelumnya, tapi itu cukup karena produksi sebelumnya itu masih ada sekitar setengah dan ditambah produksi yang baru panen yah sangatlah cukup ada sekitar 14.000 ton,”ujarnya.

Persediaan beras maupun yang masih gabah banyak tersimpan dilumbung padi . Sedangkan kebutuhan pangan lainnya seperti ikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kolaka utara apalagi kebutuhan Ikan bandeng dan udang itu melebihi karena banyak dikirim keluar daerah untuk dipasarkan.

“Kalau ikan laut itu sudah sangat cukup karena sekarang kita lihat dipasar sudah banyak yang menjual ikan produk local kita apalagi kalau Ikan bandeng udang itu sangat banyak bahkan kita kirim keluar daerah untuk dipasarkan,” katanya.

Sementara kebutuhan pangan lain yang berasal dari luar daerah Kolaka Utara yakni daging dan telur pasalnya produksi lokal belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat bumi patampanua. ”Kalau daging sapi, ayam dan telur itu masih didatangkan dari luar daerah seperti Sulawesi selatan, karena pruksi local kita belum bisa memenuhi dan saat ini staf saya juga masih melakukan pengecakan kebutuhan pangan tersebut,” pungkasnya. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top