Ramadhan, Pemkab Kolut Gelar Berbagai Kegiatan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Ramadhan, Pemkab Kolut Gelar Berbagai Kegiatan

Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud saat menyerahkan zakat profesi beberapa waktu lalu.FOTO : dok/Kolaka Pos

KOLAKA POS, LASUSUA – Mengisi bulan suci ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menggelar berbagai kegiatan, Safari Ramadhan Selama Sepekan,Vestifal anak sholeh, peringatan malam nuzul Qur’an dan buka bersama di halaman mesjid agung Bahru Rasyad Wal Ittihad.
Dikatkan Kabag Kesra Sekda Pemkab Kolut, Ihwan mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanaka untukmenyambut kemeriahan ramadhaan dan memperkuat tali silaturahin sesama ummat nuslim. “Kegiatan kita dalam rangkaian Ramadhan ini banyak mulai dari penyambutam Ramadhan dengan Qirab, Tarwih bersama, buka puasa selama sebulan Masjid Agung, safari Ramadhan untuk 15 kecamatan dan terakhir sampai acara halal bil halal,” katanya.
Lebih lanjut dia menuturkan acara buka bersama selama sebulan lamanyaa tersebut terbuka untuk umum dan dipersilahkan untuk muslim yang ingin berbuka puasa untuk hadir. “Setiap hari selama Ramadhan SKPD sudah memiliki jadwal untuk menyiapkan buka puasa selama Satu bulan dan hari pertama ini adalah giliran pak bupati, dan pelaksana kegiatan ini sudah menyiapkan ratusan porsi makanan mulai dari takjil hingga makanan inti,” ujarnya.
Sementara untuk festival anak sholeh akan di ikuti oleh anak-anak umur 12 tahun kebawah yang berbakat di bidang religi dari 15 kecamatan di bumi Patampanua. “Ada beberapa lomba yang di pertandingkan yaitu, Hafalan Qur’an, tilawah dan Da’i cilik, kami menyediakan total hadih untuk festival ini sekitar Rp.60 juta,” katanya.
Sementara untuk safari Ramadhan akan dilaksanakan selama sepekan di mulai tanggal 11 mendatang dan dirangkaiakan pembagian zakat harta dari abdi negara di Kolaka Utara dan rencananya zakat yang akan dibagikan tahun ini kurang lebih Rp3 miliar yang akan dI peruntukkan untuk fakir miskin, amil, muallaf dan pembangunan Masjid.
“Safari dimulai sejak 11 Juni di Kecamatan Purehu, biasanya kalau safari tahun lalu itu hanya empat hari, tapi tahun ini satu minggu yaitu satu hari di purehu, satu hari di Tolala dan selanjutnya setiap hari akan dikunkungi Tiga KecamatN dan juga kegiatan ini dirangkaikan dengan pembagian zakat,” pungkasnya. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top